Gelar TTG XV Sumbar

Bengkalis Boyong Alat Produksi Bioethanol

Bengkalis Boyong Alat Produksi Bioethanol

BENGKALIS –  Pemkab Bengkalis memboyong alat produksi bioethanol pada ajang Gelar Teknologi Tepat Guna XV di Sumatera Berat. Dalam kegiatan yang akan dibuka Presiden SBY hari ini (26/9), Bengkalis akan mempraktekkan proses produksi bioethanol dengan bahan bakar nipah (Nypa sp)

Hal itu diungkapkan Kepala Balitbang Kabupaten Bengkalis, Sopyan Hadi kepada media ini melalui hubungan ponsel dari Sumatera Barat, belum lama. “Kita sudah “siap tempur”, semua peralatan pendukung sudah kita siapkan dan tinggal operasi,” ujarnya.

Dikatakan, selama gelar teknologi yang akan dibuka oleh presiden SBY tersebut, timnya dari Riau akan mempraktekkan bagaimana proses pembuatan bioethanol dengan bahan baku nipah. Untuk mendukung hal itu, pihaknya juga sudah memboyong bahan baku siap olah sebanyak 3 drum. Berdasarkan pengalaman, bahan baku sebanyak 3 drum ini akan menghasilkan bioethanol sebanyak lebih kurang 45 liter.

“Tidak hanya itu, kita juga telah mempersiapkan bioethanol yang sudah jadi sebanyak 1 drum yang nantinya akan kita pergunakan langsung pada kendaraan bermotor,” ujarnya, seperti dilansir metro riau.

Dengan cara seperti itu, sambung Sopyan, pihaknya ingin membuktikan bahwa produksi bioethanol dengan bahan baku nipah sama sekali tidak ada unsur rekayasa dan murni melalui proses pengujian yang berkelanjutan.

“Itu sebabnya kita berani mempraktekkan langsung agar siapapun yang menyaksikan percaya bahwa bioethanol dari nipah ini adalah nyata dan sangat memungkinkan untuk dikembangkan secara massal. Terlebih pada kondisi dimana harga BBM semakin lama semakin mahal,” kata Sopyan seraya menambahkan kalau pihaknya juga ikut memboyong pohon nipah ke lokasi pameran dengan maksud agar masyarakat tahu seperti apa bentuk pohon nipah itu.

Sopyan mengatakan, seperti berulang kali dipaparkan bahwa produk bioetanol hasil penelitian yang kita dilakukan memiliki tingkat kemurnian yang sangat luar biasa dengan kadar oktan melebihi pertamax.

Gelar TTG XV di Sumbar akan diselenggarakan dari tanggal 26 – 30 September bertempat di GOR H Agus Salim. Se­kitar 6.500 orang dari 34 provinsi di In­do­nesia bakal hadir dan mengisi 320 stand. Dari sekian banyak stand, Bengkalis dengan bendera Riau akan ikut dalam event tersebut dengan teknologi andalan berupa bioetanol dari nipah. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index