Silakan Cek Pengumuman CPNS Riau di Kecamatan dan Media

Silakan Cek Pengumuman CPNS Riau di Kecamatan dan Media

PEKANBARU-Berbagai cara dilakukan enam Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kabupaten/kota di Riau untuk mengumumkan penerimaan CPNS yang dimulai secara serentak besok, Jumat (27/9/2013). BKD Siak misalnya, akan menempelkan pengumuman hingga ke setiap kecamatan.

"Tak ada masalah, jika memang sudah disepakati pengumuman pendaftaran tanggal 27 September besok. Kita sudah menyiapkan berkasnya, tinggal minta tandatangan bupati saja. Begitu hari H, kita akan langsung tempelkan berkas pengumuman di beberapa titik, mulai dari ibukota kabupaten hingga kecamatan," papar Sekretaris BKD Siak, H Lukman di lansir halloriau.com.

Sebelumnya, Lukman mengatakan, BKD Siak akan mengumumkan penerimaan CPNS melalui media online. Namun, hal itu urung dilaksanakan. "Teknisnya kan diserahkan ke daerah. Jujur saja, tahapan penerimaan CPNS secara online belum mampu kita laksanakan," tegas Lukman.

Sama halnya dengan BKD Siak, Kepala BKD Pekanbaru, H Hermanius, juga akan menempelkan pengumunan di beberapa titik. "Di pengumuman yang kita tempel itu kita hanya menginformasikan tentang penerimaan CPNS beserta formasinya. Berikut juga mekanisme pendaftarannya," kata Hermanius di Pekanbaru, Rabu (25/9/2013).

Selain itu, BKD Pekanbaru juga menggunakan media online. "Kita menggunakan jalur online dalam pendaftarannya. Menyediakan aplikasi untuk diisi pendaftar di wibesite milik BKD Pekanbaru juga kita link-kan ke wibesite BKN," ungkap Hermanius.

Lain halnya dengan BKD Rokan Hilir. Kepala BKD Rohil, Roy Azlan, berencana menggelar jumpa pers di kantornya hari ini, Kamis (26/9/2013). Dia akan menyampaikan pengumuman seleksi penerimaan CPNS.

"Kita akan umumkan besok (hari ini, red) pukul 11.30 WIB kepada wartawan. Ini dimaksudkan agar pengumuman dilakukan serentak oleh media massa sehingga masyarakat mengetahuinya," kata Roy di kantornya, Rabu (25/9/2013).

Pengumuman melalui media massa, menurut Roy, lebih efektif dalam menjangkau masyarakat. "Kalau tidak seperti itu, maka sulit bagi masyarakat untuk mengetahui informasi soal penerimaan CPNS ini," kilahnya.

Roy menjelaskan, hasil konsultasi dengan KemenPAN-RB beberapa waktu lalu di Jakarta telah disepakati bahwa teknis penyelenggaraan penerimaan CPNS diserahkan ke daerah. Tujuannya agar daerah menyesuaikan teknis pelaksanaan dengan kondisinya. "Sehingga tidak ada lagi kendala soal persyaratan bagi pelamar CPNS," katanya.

Sayangnya, Roy enggan merincikan syarat-syarat teknis untuk penerimaan CPNS. Dia berkilah, syarat itu akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman seleksi CPNS nantinya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuansing, Muharman, menjelaskan berkas para pelamar CPNS mulai diterima sejak diumumkan, Jumat (27/9/2013) besok hingga tanggal 4 Oktober 2013. "Iya, kan dimulai sejak tanggal 27 September berdasarkan kesepakatan semua BKD kabupaten/kota dengan BKD Provinsi Riau," katanya di Talukkuantan, Rabu (25/9/2013).

Muharman mengimbau para pelamar agar memasukkan lamarannya sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan. Pengumuman akan ditempelkan di kantor-kantor pemerintah.(rep2)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index