Pemprov Gelar Riau Expo untuk Bangun Potensi Daerah

Pemprov Gelar Riau Expo untuk Bangun Potensi Daerah

PEKANBARU – Pemerintah Provinsi Riau kembali menggelar Riau Expo Tahun 2013 yang diadakan di Lapangan Purna MTQ, Minggu (15/9/2013) malam. Tema Riau Expo ini adalah Membangun Potensi Daerah untuk Semakin Lebih Maju dan Berkembang di Lingkungan Republik Indonesia terutama di Asia Tenggara.

"Dengan potensi daerah yang dikembangkan semoga membuat Riau lebih terkenal lagi tidak hanya kepada hasil sumber daya tetapi juga potensi wisatanya,” kata Project Officer Riau Expo, Suryo Wijayanto.

Menurutnya, berbeda dengan tahun sebelumnya, Riau Expo kali ini lebih menonjolkan dari segi seni dan budaya yang ada di Provinsi Riau. Varian produk-produk yang ada di Riau Expo juga lebih banyak, mulai dari potensi daerah, makanan, kosmetik serta kerajinan tangan dari UMKM termasuk hasil-hasil kerja dinas-dinas di Provinsi Riau akan ditampilkan. “Riau Expo 2013 ini diikuti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dinas-dinas yang ada di Provinsi Riau, serta peserta Riau Expo serperti dari Sumatera Utara, Jawa Barat, Kalimantan, Sulawesi juga ada,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan Metro Riau sehari sebelum pembukaan, para peserta mulai melakukan persiapan akhir. Produk-produk yang ada di Riau Expo sebagian ada yang dipamerkan dan ada juga untuk dijual kepada masyarakat. Untuk peserta yang ingin mendapatkan stan tempat menjual usahanya dikenakan biaya mulai dari Rp7 juta hingga Rp17 juta dan jumlah stand yang ada mencapai 200 stan. “Untuk traget pengunjung, kita menargetkan sebanyak 15 ribu orang per hari,” kata Suryo.

Ridho (26) penjual pakaian anak-anak dan dewasa mengaku senang diadakannya Riau Expo ini. Meski pun baru pertama kali berjualan disini, dia berharap pengunjung banyak yang datang ke acara ini. Dia menjual baju dengan harga bervariasi,  untuk anak-anak Rp30 ribu-an dan dewasa Rp50 ribu-an.  "Saya menyewa stan ini dengan biaya sebesar Rp4 juta," katanya.

Rahmat (39), penjual makanan juga menyambut baik diadakannya even tahunan ini. "Semoga acara ini bisa menjadi ajang promosi  bagi Riau ke depannya dan masyarakat bisa tahu bahwa inilah kekhasan daerah-daerah yang ada di Riau,”  katanya. (rep1)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index