SMPN 29 Pekanbaru Launching GSB

SMPN 29 Pekanbaru Launching GSB
ilustrasi

PEKANBARU - Untuk membudayakan penggunaan sepeda di kalangan anak sekolah, Sekolah Menengah Pertama Negeri 29 Pekanbaru, Jalan Tegal Sari, Rumbai, melaunching Gerakan Sekolah Bersepeda (GSB), Sabtu (14/9).

Acara tersebut dibuka langsung Kepala Sekolah SMPN 29, Syafrida Ali, SPd dan dihadiri oleh Ketua Komite Sekolah,  Mualim, para guru dan wali murid siswa yang menerima bantuan sepeda dari kalangan kurang mampu. Acara kian meroah ketila Kepsek SMP 29 Syafrida Ali didaulat melakukan defile sepeda mengitari halaman SMPN 29.

Syafrida menjelaskan, GSB akan terus digalakkan karena program diharap bisa menjaga lingkungan dari polusi udara. “Ya, kami akan menjalankan program dari pemerintah dengan GSB. Gerakan sekolah bersepeda SMPN 29 ini akan kita lakukan setiap hari Sabtu, akan diikuti oleh siswa dan para guru,” ujarnya, Sabtu (14/9/2013)
 
Dikatakannya, selain melaunching GSB, SMPN 29 juga menyerahkan 18 unit sepeda kepada siswa-siswi yang kurang mampu. Namun akan ada sistem yang berkelanjutan, disamping mencari donatur maupun bantuan dari sekolah. “10 sepeda ini bantuan dari Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru dan 8 dari sekolah, orang tua wali murid. Mudah-mudahan ini akan dilanjutkan terus menerus dan kami harap wali murid akan  mendukung GSB ini,” katanya

Menurut Syafrida Ali, sepeda ini diberikan secara gratis karena sekolah ingin gerakan ini berkelanjutan. Sebab itu,  setiap siswa yang mendapat bantuan sepeda, membeli dengan uang seadanya atau sesuai kesanggung orangtua siswa. Misaknya Rp100 ribu sampai  Rp200 ribu. Kemudian uang tersebut dikumpulkan untuk membeli sepeda lagi dan dibantu oleh para guru. ”Orang tua siswa yang mendapatkan bantuan sepeda juga membuat perjanjian dengan sekolah. Tujuannya agar 18 sepeda yang diserahkan, nantinya masuk halaman juga tetap 18 unit,” tegasnya

Sementara itu, Indah Ramadani  siswa kelas VII yang mendapatkan bantuan sepeda, menyatakan akan menfaatkan sepeda tersebut  untuk berangkat sekolah tiap harinya. “Dengan adanya sepeda ini, mudahan-mudahan bisa lebih termotivasi lagi untuk belajar. Terima kasih karena sekolah sudah mau memberikan sepeda ini,” tutupnya (rep1)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index