Pasangan Annas - Andi Jawara Pilgubri di Bengkalis

Pasangan Annas - Andi Jawara Pilgubri di Bengkalis

BENGKALIS-Berdasarkan hasil pleno tingkat PPK se-Kabupaten Bengkalis yang dilakukan 8 PPK, pasangan AMAN (Anas-Andi) berhasil menjadi 'pemenang' pada Pilgubri 2013. Dari total 212.086 suara yang sah, pasangan AMAN meraih sebanyak  80.461 suara atau sekitar 37,94 persen dari total suara sah.

Selanjutnya, pasangan 'tuan rumah' JE-MM harus puas berada pada urutan kedua dengan perolehan suara sebanyak 60.819 suara atau sekitar 28,68%. Sedangkan tiga pasangan lainnya Ahmad-Masrul Kasmy di urutan ketiga dengan perolehan suara sebanyak 26.778 suara, pasangan LURUS 23.030 suara dan pasangan HA sebagai juru kunci dengan perolehan suara sebanyak 20.998 suara

Hasil pleno perhitungan PPK tersebut tidak jauh berbeda dengan quick count yang dilakukan sebelumnya. Walau dari sisi jumlah perolehan suara ada sedikit perbedaan, tapi secara persentase menempatkan pasangan AMAN pada posisi pertama mengalahkan pasangan JE-MM.

Pasangan AMAN menguasai 3 kecamatan yaitu Bengkalis, Mandau dan Pinggir. Sementara JE-MM menguasai 5 kecamatan yaitu Bantan, Rupat Utara, Rupat, Bukit Batu dan Siak Kecil.

''Namun kemenangan pasangan JE-MM di lima kecamatan ini tidak berarti banyak karena di kecamatan yang jumlah pemilihnya besar justru ia kalah,'' ujar pengamat politik, Taufik dilansir halloriau.com.

Dari segi partisipasi pemilih, Kecamatan Siak Kecil tercatat sebagai kecamatan dengan partisipasi pemilih tertinggi yaitu mencapai 70,71 persen. Sedangkan partisipasi terendah adalah Kecamatan Mandau sebesar 56,72 persen. Kalau dirata-ratakan 8 kecamatan, maka partisipasi pemilih sebesar 63,73 persen. Sisanya sebanyak 36,27 persen adalah golput alias tidak menggunakan hak suara. (rep2)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index