Istana Akan Ajukan Deportasi Harrison Ford

Istana Akan Ajukan Deportasi Harrison Ford

Jakarta-Staf Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam, Andi Arief, berencana mengajukan deportasi untuk aktor Amerika Serikat, Harrison Ford, yang tengah membuat film dokumenter di Indonesia.

Rencana itu muncul setelah Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan berkisah bahwa aktor Indiana Jones itu bertindak tak sopan di kantornya sebelum dan ketika wawancara. "Tidak ada hak istimewa meski ia aktor hebat," kata Andi melalui pesan pendek, Selasa, 10 September 2013.

Ia menyatakan Zulkifli memberikan laporan bahwa Harrison datang ke Kementerian Kehutanan untuk melakukan sesi wawancara untuk film dokumenternya tentang hutan dan lingkungan di Indonesia.

Menurut Andi, menirukan Zulkifli, Harrison dan kru filmnya langsung masuk ke kantor Kementerian dan mencecar dengan pertanyaan menyerang. Hal ini terjadi bahkan sebelum waktu pengambilan gambar resmi dimulai.

Zukifli diklaim tak masalah dengan seluruh isi pertanyaan tim film Harrison. Politikus Partai Amanat Nasional tersebut justru terusik dengan metode wawancara serta perilaku Harrison dan krunya.

Berdasarkan rekaman kamera pengawas ruang tunggu Kementerian, menurut Andi, Harrison tampak berkali-kali naik ke meja dan melompat. Tindakan yang dinilai melecehkan kantor resmi kenegaraan.

"Kru dan penghubungnya di Indonesia harus dimintai keterangan apa motif Harrison melecehkan kantor resmi negara itu. Bila perlu dia dideportasi," kata Andi.

Harrison dan krunya hari ini juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara. Pertemuan tersebut rencananya digelar sekitar pukul 10.00 WIB. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index