Megawati Berharap PDI Perjuangan tak Berkoalisi di Pilpres 2014

Megawati Berharap PDI Perjuangan tak Berkoalisi di Pilpres 2014
Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, memerintahkan seluruh jajaran kader partai itu harus memenangkan pemilihan umum legislatif 2014. Jika PDI Perjuangan menjadi partai pemenang pemilu, kata Mega, PDI Perjuangan bisa mengusung calon presiden dan calon wakil presiden sendiri.
 
"Saya pernah mengalami kepedihan ketika harus mencari tambahan dengan mengambil partai lain, untuk memenuhi suatu yang diwajibkan," kata Mega ketika menyampaikan pidato penutupan Rapat Kerja Nasional III, PDI Perjuangan, Ahad, (8/9).
 
Mega meminta seluruh kader turun ke bawah bersama rakyat. Setiap dewan pimpinan cabang dan daerah, ujar Mega, juga harus mengevaluasi pemilihan kepala daerah baik yang menang maupun yang kalah. Tujuannya, kata dia, guna mengoptimalkan perolehan suara partai.
 
Mega meminta para kader partai berlambang moncong putih itu untuk bekerja tanpa mengeluh atau menunggu Daftar Pemilih Tetap beres. "Jangan curhat, segera bekerja, bekerja, bekerja, bekerja," ujar Mega.
 
Ditulis tempo.co, pada Pemilu 1999, PDIP muncul sebagai partai pemenang pemilu dengan perolehan suara 33,74 persen. Suara ini turun pada Pemilu 2004 menjadi 18,53 persen, dan turun lagi pada 2009 menjadi 14,03 persen.
 
Karena tak mencapai presidential threshold atau ambang batas partai mencalonkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, PDI Perjuangan berkoalisi dengan Gerindra di tahun 2009. Pasangan Megawati dan Prabowo Subianto hanya mendapatkan 26,79 persen, jauh dibawah pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono yang mencapai 60,80 persen. (rep03)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index