APEC Sepakati Kerja Sama Tingkatkan Ekspor

  APEC Sepakati Kerja Sama Tingkatkan Ekspor

BALI - Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mendapat angin segar untuk terus mengembangkan produk usahanya ke luar negeri. Hal itu dapat terlaksana setelah negara-negara yang tergabung dalam APEC mendorong pelaku UKM agar bisa meningkatkan arus ekspor-impor dari dan ke negara anggota.

Demikian salah satu kesepakatan yang dicapai pada pertemuan tingkat menteri-menteri UKM se-Asia Pasifik ke-20 selama 2-7 September yang digelar di Nusa Dua, Bali.

Menteri Koperasi dan UKM, Syarief Hasan, menyatakan, saat ini semua anggota membuat kebijakan agar UKM dapat terus melebarkan produknya melalui kesepakatan tersebut.

"Terbuka peluang cukup lebar bagi pelaku UKM termasuk dari  Indonesia ke negara lainnya atau sebaliknya dari negara lain ke Indonesia," ujar Syarief dilansir vivanew.com, saat jumpa pers usai penutupan APEC SMEMM and Related Meeting ke-20 di Nusa Dua Bali, Sabtu (7/9).

Menurut Syarif, saat ini adalah momentum tepat bagi pelaku UKM untuk meningkatkan nilai ekspornya. Hal itu mengingat saat ini Indonesia mengalamai defisit neraca perdagangan. Kebijakan yang disepakati bersama itu diharapkan dapat mengatasi defisit yang terjadi. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index