Untuk Orang Tua: Berteriak Sama Kejam dengan Pukul Anak

Untuk Orang Tua: Berteriak Sama Kejam dengan Pukul Anak

Jakarta-Kekerasan pada anak bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik maupun mental. Namun berteriak saat memarahi ternyata juga sama kejamnya dengan memukul anak, demikian menurut penelitian terbaru.

"Meskipun orang tua dekat dengan anak, ucapan yang kasar dan teriakan yang dilontarkan bisa meningkatkan risiko depresi dan perilaku buruk pada anak," terang peneliti.

Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, selain berteriak, mengumpat dan menggunakan kalimat kasar untuk menasihati anak juga bisa berdampak buruk bagi mereka.

Sekitar 976 orang tua dari Amerika Serikat terlibat dalam penelitian tersebut. Peneliti menemukan kalau sekarang banyak orang tua yang memilih untuk mendisiplinkan anaknya dengan ucapan daripada kekerasan fisik.

Meskipun demikian, ternyata berteriak justru sama buruk dan kejam layaknya memukul anak. Perlakuan tersebut bisa membuat anak berperilaku buruk dan mengalami masalah emosional seperti depresi.

"Ini adalah penelitian pertama yang membuktikan kalau cara mendisiplinkan anak melalui kata-kata juga memengaruhi pertumbuhan mereka," papar kepala peneliti Dr Ming-Te Wang dari University of Pittsburgh.

Peneliti pun menyarankan agar orang tua memberi nasihat dengan menggunakan bahasa yang lebih halus pada anaknya. Dengan begitu mental anak tidak akan tersakiti dan mereka lebih tertarik untuk mematuhi perkataan orang tuanya.

Hasil penelitian kemudian dilaporkan dalam jurnal Child Development. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index