KPU Riau Targetkan Partisipasi Pemilih Minimal 70 Persen

KPU Riau Targetkan Partisipasi Pemilih Minimal 70 Persen

PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau optimistis partisipasi warga dalam Pilgub Riau tahun ini lebih tinggi dibanding lima tahun sebelumnya. Ditargetkan partisipasi warga dalam pilgub tahun ini mencapai 70 persen.

"Harapan kami minimal 70 persen masyarakat bisa menggunakan hak suaranya. Kami yakin itu," kata Ketua KPU Riau, Tengku Edy Sabli,  di Pekanbaru, Rabu (4/9/2013).

Diakuinya, tingkat partisipasi warga pada Pilgub Riau 2008 sangat rendah. Hampir separuh masyarakat yang terdaftar dalam DPT tidak menggunakan hak suara mereka alias golongan putih (golput).

"Pilkada lalu, partisipasi masyarakat rendah. Hanya 59 persen yang menggunakan hak suaranya," beber Edy Sabli dilansir okezone.com.

Untuk pilgub kali ini, ia mengkalim upaya maksimal telah dilakukan. "Yakni kami melakukan sosiliasi jauh-jauh hari," imbuhnya.

Pilgub Riau 2013 diikuti lima pasangan calon. Mereka adalah Herman Abdullah-Agus yang diusung Partai Gerindra dan sejumlah partai menengah dan gurem, Anas Makmun-Andi diusung Partai Golkar, Jon Erizal-Mambang Mit diusung PAN dan PKS, Lukman Edy-Suryadi Khusaini diusung PDIP dan PKB, serta Achmad-Masrul dari Partai Demokrat.(rep2)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index