Sejumlah Ahli Turun Ke Pulau Padang

Sejumlah Ahli Turun Ke Pulau Padang

SELATPANJANG - Sejumlah akademisi dari berbagai perguruan tinggi turun ke Pulau Padang Kabupaten Kepulauan Meranti, Selasa (3/9). Tim penilai ini mendapat perintah dari Menteri Kehutanan RI untuk melakukan pengukuran, pelaporan dan verifikasi (MRV) terhadap pengelolaan ekohidro oleh IUPHHK-HTI PT RAPP di lahan Gambut Pulau Padang.

Ketua Tim Penilai, Prof Dr Ir Budi Indra Setiawan M.Agr, saat tanya jawab dengan sejumlah wartawan, Senin (2/9) malam sebelum turun ke Pulau Padang mengatakan, hasil dari tugas penilaian yang dilakukan dilapangan nantinya akan dilaporkan secara resmi kepada Menteri Kehutanan RI melalui Dirjen Bina Usaha Kehutanan.

“Tidak hanya penilaian terhadap pengelolaan ekohidro itu. Kami juga akan menyerap masukan dari masyarakat menyangkut aspek sosial, ekonomi dan lainnya atas keberadaan operasional PT RAPP di Pulau Padang. Seperti saat turun sebelumnya, kami sangat banyak menyerap harapan positif dari masyarakat atas beroperasinya perusahaan ini, yang nantinya akan direkomendasikan kepada kementerian,” ujarnya.

Menurutnya, ada tiga hal kepentingan masyarakat yang harus cepat diakomodir oleh pihak perusahaan, dalam rangka untuk mewujudkan kemajuan pembangunan secara bersama-sama. Tiga hal itu antara lain menyangkut sektor Pendidikan, Kesehatan dan peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat.

“Keberadaan kami yang turun ke lapangan ditugaskan oleh menteri dalam rangka menjalankan tugas dan program pemerintah. Begitu juga pihak RAPP yang telah memperoleh izin dari Kementerian Kehutanan RI, berkewajiban menjalankan amanat itu dengan sebaik-baiknya sebagaimana tujuan program pembangunan pemerintah. Jadi perusahaan ini harus terus memperhatikan sektor pendidikan, kesehatan dan peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat, sejalan dengan kegiatan operasionalnya,” ungkapnya.(rep6)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index