Guru Dipecat, Siswa Gelar Unjuk Rasa

 Guru Dipecat, Siswa Gelar Unjuk Rasa
SURABAYA-Puluhan siswa SD Al-Falah Surabaya, Jawa Timur, menggelar aksi protes dengan membentangkan spanduk yang sudah ditandatangani di depan gedung sekolah. Mereka memprotes kebijakan yayasan yang akan memecat tiga guru mereka sekaligus mulai Selasa (3/9) besok. 
 
Para siswa yang didampingi sejumlah wali murid itu selain bertandatangan, juga meluapkan kekecewaan mereka pada dua spanduk bertuliskan antara lain "yayasan tidak adil", "kembalikan guru kami", dan "jangan main pecat". 
 
Anwar Rosyadi, salah satu guru yang akan dipecat mengaku, aksi tersebut adalah aksi spontan yang difasilitasi wali murid. "Mereka datang sebagai bentuk simpati kepada kami," katanya, Senin (2/9).
 
Dia membenarkan bahwa dia tidak bekerja lagi di sekolah tersebut mulai Selasa besok. Guru olahraga tersebut tidak tahu persis alasan pemecatan itu. Namun diakuinya, dia dan dua rekannya akhir-akhir ini kerap menentang kebijakan direktur yayasan, di antaranya soal aturan kesehatan, kepegawaian, dan pengelolaan koperasi.
 
Dikonfirmasi terpisah, Direktur Yayasan Al-Falah, Sodikin membantah bahwa pemecatan tiga guru senior itu karena kerap mengkritisi kebijakan yayasan. "Ini semata-mata karena akhlak, yayasan kami sangat menjunjung tinggi aklak," kata Sodikin, tanpa menjelaskan pelanggaran akhlak yang dimaksud. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index