Peluang Capres Konvensi pada Pilpres 2014 Dinilai Kecil

 Peluang Capres Konvensi pada Pilpres 2014 Dinilai Kecil

JAKARTA-Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengatakan bahwa peluang keterpilihan calon presiden dari Konvensi Partai Demokrat sangat kecil. Dalam hitung-hitungannya, mayoritas masyarakat pemilih tak mengenal semua kandidat dalam konvensi tersebut.

Siti menjelaskan, kecilnya peluang keterpilihan peserta konvensi di kompetisi pemilihan presiden tahun depan disebabkan kompetensi kandidat konvensi masih diragukan. Ada beberapa yang menonjol di antara kandidat lainnya, tetapi menurut Siti kadarnya hanya pas-pasan.

"Beberapa dari calon tidak memenuhi syarat dan kriteria, sebagiannya standar, ada yang memenuhi (kriteria) untuk memimpin republik ini, tapi sangat tidak terkenal sampai ke akar rumput," kata Siti dalam sebuah diskusi politik, di Cikini, Jakarta, Sabtu (31/8/2013).
KOMPAS.COM/Sandro Gatra

Ia menegaskan, dari jumlah total masyarakat pemilih, sekitar 60 sampai 70 persennya adalah masyarakat yang berada di daerah. Peluang keterpilihan para kandidat konvensi semakin kecil karena popularitas seluruh kandidat tidak dikenal di daerah.

"Jadi memang kalau sekarang diadakan pemilu, mereka tidak akan kepilih. 11 nama itu lulus hanya untuk SBY saja, tapi kan yang memilih bukan hanya Pak SBY, nanti saat pilpres yang memilih itu rakyat. Ini pekerjaan rumah untuk Komite (Konvensi)," ujarnya.

Seperti diberitakan, tahap pra-Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat yang digelar sejak Sabtu (24/8/2013) telah selesai. Proses ini menyisakan 11 nama. Padahal, sebelum menggelar pra-Konvensi, ada 15 nama yang disebut diundang untuk ikut.

Pada hari terakhir penyelenggaraan pra-Konvensi, Kamis (29/8/2013), tiga orang menyatakan batal ikut, yaitu mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Direktur Utama Lion Air Rusdi Kirana, dan mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih. Sementara itu, nama Bupati Kutai Timur Isran Noor yang sebelumnya disebut akan ikut konvensi, tetapi tidak terjadwal dalam tahap Pra-Konvensi. (rep05)

Berikut formasi ke-11 peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat:
1. Ali Masykur Musa (anggota Badan Pemeriksa Keuangan)
2. Anies Baswedan (Rektor Universitas Paramadina)
3. Dahlan Iskan (Menteri BUMN)
4. Dino Patti Djalal (Duta Besar RI untuk Amerika Serikat)
5. Endriartono Sutarto (mantan Panglima TNI)
6. Gita Wirjawan (Menteri Perdagangan)
7. Irman Gusman (Ketua Dewan Perwakilan Daerah)
8. Hayono Isman (anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Demokrat)
9. Marzuki Alie (Ketua Dewan Perwakilan Rakyat)
10. Pramono Edhie Wibowo (mantan Kepala Staf Angkatan Darat)
11. Sinyo Harry Sarundajang (Gubernur Sulawesi Utara)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index