Bupati Yopi akan Tunaikan Haji Bersama 206 JCH Inhu

Bupati Yopi akan Tunaikan Haji Bersama 206 JCH Inhu
RENGAT-Bupati Inhu Yopi Arianto akan menunaikan ibadah haji tahun ini. Bupati akan berangkat ke tanah suci bersama Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Inhu lainnya dari Embarkasi Batam pada tanggal 21 September 2013 mendatang.
 
JCH asal Kabupaten Inhu akan tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 12 Embarkasi Batam bersama 99 JCH asal Kota Pekanbaru dan 140 JCH asal Kabupaten Inhil. Bahkan salah satu JCH yang akan berangkat ke tanah suci tahun ini adalah Bupati Inhu Yopi Arianto.
 
Kepastian jadwal keberangkatan JCH asal Inhu tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Inhu, H Abdul Kadir usai mengikuti rapat bersama Kanwil Kemenag Riau dan seluruh kabupaten/kota di Pekanbaru, Jumat (30/8). “Alhamdulillah, sesuai prediksi kita, JCH asal Inhu akan berangkat dari embarkasi Batam menuju Jeddah pada tanggal 21 September mendatang,” ungkapnya.
 
Dijelaskan Abdul Kadir, sesuai kesepakatan, JCH asal Inhu akan berangkat dari Rengat menuju Pekanbaru dengan menggunakan bus pada tanggal 19 September 2013. Sampai di Pekanbaru, JCH asal Inhu akan menginap satu malam di Hotel Labersa Pekanbaru.
 
Keesokan harinya, pada tanggal 20 September 2013, JCH asal Inhu langsung melanjutkan perjalanan dari Pekanbaru menuju Embarkasi Batam menggunakan pesawat Lion. Di Batam, JCH asal Inhu akan menginap satu malam di Asrama Haji dan pada tanggal 21 September 2013 akan berangkat menuju Jeddah. “Untuk pelepasan JCH, masih menunggu kebijakan dari Pemkab Inhu. Tetapi kita dari Kemenag sudah mengusulkan pada tanggal 16 September,” jelasnya
 
Jumlah JCH asal Kabupaten Inhu yang akan berangkat ke tanah suci tahun ini sebanyak 206 orang. Selain Bupati Inhu Yopi Arianto, juta terdapat beberapa pejabat dilingkungan Pemkab Inhu seperti Kepala Dinas Pendidikan Inhu Ujang Sudrajat dan Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Hendri. “Saya sendiri juga akan berangkat ke tanah suci, tetapi sebagai petugas ibadah haji Indonesia,” ungkap.
 
Dari 206 JCH asal Inhu tersebut, terbanyak berasal dari Kecamatan Rengat yang mencapai 70 orang, terdiri dari 28 orang laki-laki dan 42 orang perempuan. Disusul Kecamatan Pasir Penyu sebanyak 41 orang, terdiri dari 16 orang laki-laki dan 25 orang perempuan serta Kecamatan Seberida mencapai 28 orang, terdiri dari 12 orang laki-laki dan 16 orang perempuan.
 
Selanjutnya dari Kecamatan Rengat Barat sebanyak 22 orang, terdiri dari 10 orang laki-laki dan 12 orang perempuan serta Kecamatan Lirik sebanyak 11 orang, terdiri dari 5 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. “Sedangkan JCH dari tujuh kecamatan lainnya tidak lebih dari 10 orang dan dua kecamatan diantaranya yakni Kecamatan Kuala Cenaku dan Kecamatan Rakit Kulim belum ada JCH tahun ini,” jelasnya.
 
Sementara itu, untuk JCH asal Inhu termuda tahun ini adalah Fitriyani binti Slamet Zaelani, warga Kecamatan Rengat yang berusia 28 tahun. Sedangkan JCH asal Inhu tertua adalah Syarifah Nurcahaya binti Said Uda yang berusia 79 tahun dari Kecamatan Pasir Penyu.
 
“Sejauh ini seluruh persiapan keberangkatan JCH asal Inhu sudah selesai dilaksanakan, termasuk pelaksanaan manasik haji beberapa hari lalu. Kami mengimbau kepada seluruh JCH asal Kabupaten Inhu untuk selalu menjaga kesehatannya, sehingga dapat menunaikan ibadah ke tanah suci dan kembali dengan selamat sebagai haji mabrur ke tanah air,” tutur Abdul Kadir. (tm01)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index