Relawan Bang Rojak Siapkan 60 Juta Tanda Tangan untuk Jokowi

 Relawan Bang Rojak Siapkan 60 Juta Tanda Tangan untuk Jokowi


Jakarta-Aksi menggalang dukungan untuk Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo agar maju sebagai calon presiden pada 2014 mendatang terus muncul. Kali ini tim relawan Yayasan Panglima Besar Sudirman (YPBS) bekerja sama dengan LSM Bangun Gotong Royong Jakarta (Bang Rojak) menargetkan 60 juta tanda tangan dan fotokopi kartu tanda penduduk dukungan bagi Jokowi.

"Tim relawan sudah membuka posko pengumpulan tandatangan dukungan pada 10 kota besar di Indonesia," kata pendiri Bang Rojak, Iwan Piliang di Jakarta, Kamis (1/8).

Pengumpulan tanda tangan dan fotokopi KTP dukungan Jokowi menjadi capres 2014 akan berlangsung mulai 1 Agustus 2013 serentak pada 10 kota besar.

Kota besar itu, meliputi Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, Lampung dan Makassar.

Iwan menyebutkan awalnya Tim Relawan YBS dan Bang Rojak menargetkan 45 juta tandatangan dan KTP sebagai simbol angka Proklamasi RI.

Namun, targetnya berubah menjadi 60 juta dengan asumsi dukungan mencapai 31,94 persen dari 187,8 juta pemilih sesuai data Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Iwan optimis jumlah dukungan hingga enam bulan ke depan atau tepat pada 1 Februari 2014 akan mencapai target dukungan 60 juta. "Sehingga tak ada alasan partai politik manapun untuk tidak mencalonkan Jokowi," ujarnya.

Dia menuturkan, rakyat Indonesia membutuhkan pemimpin yang memiliki karakter egaliter terhadap keadilan, yakni pemimpin yang dapat menegakkan keadilan ekonomi, keadilan hukum, serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Iwan menambahkan gerakan tim relawan Jokowi merupakan gerakan publik yang terbentuk secara spontan. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index