Wuih, Rupanya Indonesia Paling Suka Belajar Bahasa Jepang

  Wuih, Rupanya Indonesia Paling Suka Belajar Bahasa Jepang

JAKARTA-Indonesia merupakan negara dengan jumlah pembelajar bahasa Jepang terbanyak kedua di dunia, yakni mencapai 3.984.538 orang, demikian hasil perhitungan cepat The Japan Foundation (JF).

"Saat ini, berdasarkan data terbaru tahun 2012 Indonesia merupakan negara dengan jumlah pembelajar Bahasa Jepang terbesar kedua di dunia, di bawah Cina," kata Direktur Jenderal JF Jakarta, Tadashi Ogawa saat ditemui di Jakarta, Selasa (30/7).

Menurut data yang dipaparkan Ogawa, Indonesia menempati jumlah pembelajar kedua berada di bawah Cina dengan 1.046.490 orang yang mempelajari Bahasa Jepang. Kemudian Indonesia berada di bawah Korea Selatan, yang sebelumnya menempati peringkat pertama, dengan 840.147 orang pembelajar Bahasa Jepang.

"Ada peningkatan sebesar 21 persen dibandingkan pendataan tiga tahunan sebelumnya atau pada 2009," ujar Ogawa. Pada data 2009 jumlah pembelajar Bahasa Jepang di Indonesia mencapai 716.353 orang.

Ogawa meyakini bahwa kesempatan untuk belajar di Negeri Sakura merupakan salah satu alasan terbesar bagi warga Indonesia untuk mempelajari Bahasa Jepang.

Selain itu, ia juga menyebutkan alasan budaya untuk lebih memahami karya-karya sastra, sejarah, termasuk budaya populer seperti "manga" dan "anime" turut mendorong besarnya minat warga Indonesia mempelajari Bahasa Jepang.

"Terlepas dari itu, ada tren menarik akibat kurikulum pendidikan di Indonesia yang menawarkan atau bahkan mengharuskan Bahasa Jepang sebagai mata pelajaran bahasa asing kedua setelah Bahasa Inggris," ujar Ogawa. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index