Maftuh Basyuni Jadi Ketua Komite Konvensi Capres Demokrat

Maftuh Basyuni Jadi Ketua Komite Konvensi Capres Demokrat

Jakarta-Partai Demokrat telah menetapkan anggota komite konvensi untuk menjaring calon presiden. Untuk ketua komitenya, Demokrat menunjuk Muhammad Maftuh Basyuni. Diketahui, Maftuh adalah mantan Menteri Agama era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono periode 2004-2009.

"Iya. Ini orang (Maftuh) independen. Biar transparan dan fair," kata Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan di Jakarta, Senin (29/7).

Syarief menjelaskan, anggota komite jumlahnya sekitar 17 orang. Ia menjamin anggota komite ini lebih banyak dari luar Demokrat, 60 persen dari independen, sedangkan 40 persennya dari internal Demokrat.

"Effendi Ghazali (independen) ada. Sementara dari internal Demokrat ada Hinca Panjaitan. Kemudian Andi Timo Pangerang, Fera Febrianti terus siapa lagi yah, ada Indrawati Sukadis," ujarnya.

Peran komite ini akan menjaring capres. Setelah itu mereka memberikan ranking sesuai dengan tingkat elektabilitas capres.

"Jadi kalau misalnya yang terjaring 12 orang itu sampai dari akhir maju, 12 nya maju sampai akhir," katanya.

Setelah diketahui capres yang memiliki tingkat elektabilitas tinggi, peran Majelis Tinggi Demokrat hanya menetapkan. Syarief menjamin, Majelis Tinggi Demokrat tidak mengintervensi komite konvensi.

"Itu kan di Majelis Tinggi hanya penetapan saja. Di Majelis Tinggi cuma penetapan," katanya.

Untuk mengetahui proses tingkat elektabilitas capres, Demokrat akan menggandeng lembaga survei. "Pokoknya Mei 2014 sudah ada hasilnya. Mulai dari September ini sampai Mei. Dan Mei sudah diumumkan nama capres," jelasnya.(rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index