Obama pun Gelar Buka Bersama di Gedung Putih

Obama pun Gelar Buka Bersama di Gedung Putih

WASHINGTON - Presiden Barack Obama menghormati Muslim Amerika yang tengah berpuasa dengan menggelar buka bersama, Kamis (25/7). Seperti dilansir AP, Jumat (26/7), acara ini dihadiri oleh jajaran anggota pemerintahan Obama, pemimpin keagamaan, dan anggota korps diplomatik yang bertugas di AS.

Buka puasa bersama atau yang biasa disebut iftar ini digelar di ruang makan Gedung Putih pada Kamis (24/7) malam waktu setempat. “Ramadhan merupakan saat yang tepat untuk refleksi diri, kesempatan untuk menunjukkan kecintaan terhadap Tuhan melalui ibadah dan puasa,” ujar Obama dilansir detik.com.

Ramadhan, lanjut dia, juga menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga dan rekan-rekan. Menurut Obama, sudah menjadi tradisi Gedung Putih untuk menggelar perayaan atau peringatan hari-hari suci atau hari besar dari berbagai agama maupun kepercayaan.
Acara semacam ini menjadi bukti kebijakan AS yang selalu menghormati keberagaman yang ada dan menjamin kebebasan untuk beribadah.

Secara khusus, Obama juga menyampaikan rasa hormat bagi warga Muslim di Amerika yang telah berkontribusi dalam membangun AS. Mulai dari menjadi pengusaha, penemu teknologi, hingga pelopor di bidang medis. Saat ini, banyak warga AS dan orang-orang di negara-negara Timur Tengah yang memiliki tujuan serupa, yaitu mencapai kesempatan ekonomi dan kewirausahaan.

Baik warga AS maupun Timur Tengah, sama-sama bekerja lebih keras dan menetapkan tujuan yang lebih tinggi untuk menciptakan kesempatan yang lebih baik bagi anak-anak kita pada masa depan. “Tentu saja ini bukan hanya mimpi warga Amerika, melainkan juga aspirasi dari seluruh orang di dunia,” ujar Obama.

Selain Obama, Menteri Luar Negeri AS John Kerry juga mengadakan buka puasa bersama di aula Benjamin Franklin Room, Departemen Luar Negeri, Rabu (24/7). Dalam acara buka puasa bersama ini, Menlu Kerry memaparkan upaya Deplu yang inovatif dan menarik untuk menjangkau komunitas Muslim di seluruh dunia.

Dalam kegiatan ini, Kerry juga menegaskan langkah-langkah yang diambil AS untuk meningkatkan kemitraan dan rasa saling pengertian. Sekaligus, sebagai bentuk penghargaan terhadap mereka yang bekerja dengan penuh semangat kerja sama dan komitmen untuk menghasilkan perubahan. (rep2)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index