Herliyan Peringati Nuzul Quran di Masid Istiqomah

Herliyan Peringati Nuzul Quran di Masid Istiqomah

BENGKALIS – Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh mengatakan kebenaran Alquran tidak terbantahkan, karena Alquran merupakan mukjizat terbesar yang diberikan Allah SWT kepada umat manusia. Karena itu, sudah menjadi suatu keharusan bagi umat Islam untuk membaca dan mengamalkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

“Ayat pertama pada turunnya Alquran, Iqro’ atau baca. Hal ini mengandung makna muslim tidak hanya diperintahkan untuk membaca secara harfiah, tapi juga pandai membaca situasi. Islam juga menganjurkan umatnya untuk menjadi orang yang cerdas. untuk itu allah memerintahkan kepada kita untuk mengajarkan nilai-nilai tasawuf pada diri kita dengan didasari pada isi kandungan dalam Alquran,” ujar Herliyan Saleh saat memberikan sambutan pada acara peringatan malam Nuzulul Quran bertempat di Masjid Istiqomah, Kamis (25/7) malam.

Terkait dengan itu, sambung Herliyan, peringatan Nuzulul Quran atau malam turunnya Alquran tidak hanya berhenti pada kegiatan seremonial belaka. Namun, hendaknya dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata pada tataran kemasyarakatan maupun pemerintahan serta pembangunan.

“Pada kesempatan ini, saya mengajak kita semua untuk terus menghiasi masjid dan mushola dengan lantunan ayat-ayat suci Alquran pada waktu sesudah maghrib dan menjelang malam. Binalah generasi muda dan anak-anak untuk menggalakkan maghrib mengaji di kabupaten Bengkalis yang kita cintai ini,” ajak Herliyan.

Dikatakan, Alquran sebagai wahyu Allah, merupakan pedoman serta sumber hukum dalam hidup beragama yang senantiasa harus ditaati untuk kebahagiaan hidup, baik duniawi maupun ukhrowi. Firman Allah SWT menegaskan, “Alquran di dalamnya terdapat petunjuk yang jelas bagi ummat manusia dan pembeda antara hak dan yang bathil “(al-baqoroh ayat 185).

Herliyan mengatakan, isi kandungan Alquran jelas memuat kebenaran yang mutlak dan hakiki, berlaku untuk seluruh umat manusia dan bersifat universal serta berlaku di segala zaman. Isi kandungan Alquran yang luar biasa luasnya itu memberikan petunjuk dalam berbagai segi hidup dan kehidupan manusia, mengungkap rahasia alam semesta dan menunjukan sejarah masa lampau, saat ini dan situasi di masa yang akan datang.

“Kita semua berharap, melalui peringatan Nuzulul Quran, dapat meningkatkan ketaqwaan dan pemahaman kita akan isi makna dan kandungan Alquran tersebut. Untuk itu, mari kita sama-sama hayati makna hakekat dari peringatan Nuzulul Quran yang nantinya kita wujudkan dalam sebuah kegiatan dan kehidupan kita sehari-hari,” papar Herliyan.

Dalam kesempatan itu, Herliyan juga mengajak kepada semua pihak agar dapat menciptakan suasana yang kondusif sehingga masyarakat bisa merayakan hari raya Idul Fitri dengan aman dan damai. Mengingat pada masa-masa menjelang dan pasca hari raya Idul Fitri, eskalasi kebutuhan dan dinamika masyarakat semakin meningkat,” kata Herliyan  lagi. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index