Hukum

Ditangkap KPK, Anak Buah Hotma Didampingi 18 Pengacara

Jakarta-Delapan belas pengacara akan mendampingi Mario C Bernardo, anak buah Hotma Sitompul yang tertangkap tangan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi hari ini, Kamis, 25 Juli 2013. Mereka mengaku diminta langsung oleh Ria Hetaria, ibunda Mario.

"Sekarang mendapat kuasa dari keluarga," kata Durapati Sinulingga, salah satu pengacara yang memimpin rombongan di gedung KPK malam ini.

Durapati sebagai pengacara Mario mengaku mendengar berita penangkapan siang tadi di media elektronik. "Kemudian dihubungi ibunya," katanya. (Lihat: Kronologi Penangkapan Anak Buah Hotma Sitompul)

Lalu, salah satu tim pengacara, mencoba menghubungi Mario untuk mengecek. "Lose contact (hilang kontak)," kata Posko Simbolon, pengacara yang lainnya.

Akhirnya kedelapan belas pengacara ini berinisiatif untuk mendatangi KPK. "Sudah dikonfirmasi ada memang penangkapan atas nama Mario C Bernardo, tapi karena 1 kali 24 jam dan status masih belum pasti besok pagi, saya disuruh kembali di sini," kata Durapati.

Akhirnya pada pukul 21.00, para pengacara ini memutuskan untuk pulang. Adapun kedelapan belas pengacara tersebut sebagian besar berasal dari kantor pengacara Hotma Sitompul dan Associate. "Semua tergabung dalam Hotma and Associate," kata Posko Simbolon.

Sebelumnya, seorang pengacara dari kantor Hotma Sitompul dan seorang pegawai MA dicokok KPK dalam oprasi tangkap tangan. Belum diketahui, apakah penangkapan keduanya terkait dengan kasus tertentu.

Tapi, kantor pengacara Hotma Sitompul memang tercatat menangani banyak perkara besar. Antara lain dia pernah menjadi kuasa hukum Kapolri, bintang sinetron Raffi Ahmad yang tertangkap Badan Narkotika Nasional, serta pengacara terdakwa kasus dugaan korupsi Simulator Kemudi Irjen Djoko Susilo. (rep05)


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]