Harris: Aparatur harus Jadi Pelayan Masyarakat

Harris: Aparatur harus Jadi Pelayan Masyarakat

PELALAWAN - Bupati HM Harris menegaskan aparatur di lingkungan Pemkab Pelalawan harus merubah pola prilaku dari dilayani menjadi pelayan masyarakat. Ajakan ini untuk seluruh aparatur hingga ke tingkat desa.

"Saat ini saya mengajak dan menghimbau kepada seluruh jajaan aparatur untuk merobah pola prilaku. Yakni dari dilayani menjadi melayani. Artinya, sebagai aparatur pemerintah, harus memahami kebutuhan dan harapan seluruh masyarakat. Aparatur haruslah siap melayani dimanapun, kapan pun dan apapun kepentingan masyarakat yang menjadi kewajiban pemerintah," terang Bupati Pelalawan HM Harris saat melantik H Muhammad Yunus K sebagai Kepala Desa Sering Kecamatan Pelalawan baru-baru ini.

Harris mengatakan bahwa peran kepala desa dan perangkatnya serta segenap lembaga pemerintahan yang ada ditingkat desa sangat penting untuk mewujudkan hal itu. Soalnya, seorang kades tak hanya berfungsi sebagai representasi masyarakatnya dalam berhubungan dengan pihak lain, tapi juga merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah.

"Karena itu, seorang kades berkewajiban menjamin terselenggaranya setiap program pembangunan yang ada di desanya. Dan peran inilah yang harus mampu dijalankan oleh kepala desa sebagai abdi masyarakat," tandasnya.

Selain itu, sambungnya, dirinya juga berharap agar kepala desa yang dilantik dapat lebih meningkatkan kepercayaan dan amanah yang diberikan masyarakat, dalam bentuk meningkatkan kinerja pemerintahan, tugas-tugas pelayanan umum dan menyelesaikan persoalan masyarakat.

Meski terdapat pro kontra terhadap pelantikan Kades saat ini namun diharapkan setelah pengambilan sumpah dan jabatan H Muhammad Yunus sebagai Kepala Desa Sering, seluruh masyarakat hendaknya mendukung dan berkerjasama dengan pimpinan desa yang baru dilantik
tersebut.

"Pro dan kontra dengan perbedaan dukungan, saat ini hendaknya kembali bersatu dalam membangun desa yang kita cintai ini," tandasnya.

Pada kesempatan itu juga, orang nomor satu di Kabupaten Pelalawan itu menyampaikan bahwa saat ini pemerintah sedang berusaha keras melaksanakan dan mewujudkan beberapa program unggulan, yakni, Pelalawan pintar, Pelalawan Sehat dan Pelalawan Terang. Selain program itu, Pemkab Pelalawan juga berupaya mempersiapkan pembangunan berskala daerah dan nasional, yakni, pembangunan kawasan teknopolitan. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index