Indonesia vs Chelsea: Awas Hujan Gol

Indonesia vs Chelsea: Awas Hujan Gol

JAKARTA - Tiga kali menderita kekalahan dalam laga persahabatan membuat para punggawa Timnas Indonesia gerah. Mereka pun bertekad untuk tidak kehujanan gol kala menghadapi Chelsea FC dalam laga persahabatan di Stadion Gelora Utama Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7) malam nanti.

Tekad tak ingin dipermalukan ini dikumandangkan kiper utama Indonesia, Kurnia Meiga. Dia berjanji mengawal gawangnya agar tidak kebobolan saat menghadapi The Blues, julukan Chelsea.

Meiga mengaku gerah, karena dalam kurun sebulan terakhir, menghadapi tiga tim berbeda harus 12 kali memungut bola dari dalam gawangnya. Jalanya berturut-turut bergetar oleh tiga gol Belanda, tujuh gol dari Arsenal, dan dua kali lainnya oleh punggawa Liverpool.  

“Ya intinya kita harus bisa koordinasi dengan pemain belakang juga, karena kita kan satu tim bukan per orang,”  kata kiper Arema Cronous Indonesia ini di Jakarta, Selasa (23/7) malam.

Tak hanya untuk dirinya, pria dengan nama lengkap Kurnia Meiga Hermasyah itu juga optimistis timnya mampu menembus gawang Chelsea. “Yang penting saat ini adalah fokus latihan dan optimis dengan apa yang kita kerjakan,” ujarnya mantap.

Hal serupa juga didengungkan striker Titus Bonai. Pemain Semen Padang yang akrab disapa Tibo itu, bahkan mengaku tak mau memusingkan soal keinginan mendapatkan jersey pemain Chelsea. Fokusnya adalah tampil di atas lapangan.

“Chelsea kan punya nama besar ya. Mereka juga sudah sering mendapat gelar juara di Inggris, makanya ketika mereka datang ke sini merupakan kesempatan besar untuk bisa melihat langsung pemain yang saya senangi,” ujar Tibo.

Atas dasar itulah Tibo tak mau terlalu pusing dengan keinginan bertukar jersey dengan John Terry dkk. Yang jadi fokusnya hanya berupaya bermain bagus.

“Yang ingin lakukan saat ini adalah fokus dalam latihan dalam pertandingan lawan Chelsea nanti. Enggak terlalu penting tukeran jersey sama siapa yang penting fokus. Harapan saya adalah kami semua (para pemain) bisa buat peluang yang terbaik untuk Indonesia, dan bermain lebih baik lagi,” tandasnya seperti dilansir detiksport.com.

Sementara, pemain Indonesia All Star lainnya, Bayu Gatra menyebutkan kalau Chelsea lebih berat ketimbang dua lawan Indonesia sebelumnya, Arsenal dan Liverpool. Katanya, kekuatan The Blues bahkan lebih kuat karena saat ini ditukangi oleh Jose Mourinho. "Makanya persiapan kali ini juga harus lebih maksimal lagi," ungkap pemain Persisam Putra Samarinda ini.

Ketika disinggung apakah dirinya mengincar jersey pemain Chelsea, Bayu tak terlalu memikirkan. "Yang terpenting bagi saya, jika dapat kepercayaan pelatih saya harus bisa mengeluarkan kemampuan terbaik," ujar Bayi Gatra.

Dalam laga nanti, pelatih timnas Indonesia All Stars, Rahmad Darmawan, akan menurunkan tim yang merupakan perpaduan timnas senior dan timnas U-23.

Kurnia Meiga diyakini akan menjadi andalannya di bawah mistar gawang. Meiga akan ditemani rekan setimnya dari Arema Indonesia, Victor Igboneffo di jantung pertahanan bersama Hamka Hamzah yang absen dalam dua pertandingan sebelumnya.

Di sisi bek sayap, pemain muda Seftia Hadi kemungkinan akan diberi kesempatan, sementara Ruben Sanadi juga diyakini akan mendapatkan kesempatan lagi setelah tampil cukup apik di dua laga sebelumnya.

Di sisi tengah, Ahmad Bustomi akan menjadi pengatur serangan dari sisi dalam dengan dibantu Raphael Maitimo untuk melapisi pertahanan. Sementara itu lini penyerangan bisa lebih bervariasi setelah Greg Nwokolo, Andik Vermansyah dan Syamsir Alam bergabung.

Sedangkan Chelsea dipastikan tidak akan diperkuat Kevin de Bruyne yang mengalami cedera, namun bukan berarti kekuatan klub raksasa Liga Primer Inggris tersebut akan berkurang drastis.

Pemain pengganti yang ada di skuat Jose Mourinho tidak kalah berkualitas, bahkan sosok Eden Hazard bisa diturunkan sejak awal untuk menggantikan posisi De Bruyne. Bersama Hazard, Andre Schurrle dan Victor Moses akan menjadi gelandang penyerang.

Di bagian pertahanan, sosok Gary Cahill dan Petr Cech diperkirakan akan menghiasi starting line-up The Blues, untuk mendampingi pemain-pemain muda lain seperti Wallace dan Tomas Kalas.

Sementara itu, posisi gelandang bertahan kemungkinan akan diberikan kepada pemain anyar Marco van Ginkel dan Jose McEachran. Di bagian depan, The Blues akan tetap mempercayakan ujung tombaknya kepada sosok Romelu Lukaku.

Chelsea bertekad mengamankan 100 persen kemenangan dalam turnya Asia Tenggara. Sebelumnya, mereka mengalahkan Malaysia 4-1 dan Singha All-Stars 1-0. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index