NASA Tangkap Objek Unik di Luar Angkasa

NASA Tangkap Objek Unik di Luar Angkasa

Badan antariksa Amerika Serikat melalui teleskop luar angkasa Hubble menemukan objek unik dari galaksi bernama NGC 4866. Dalam sebuah foto yang ditangkap Hubble, terlihat bintang bercahaya kuat yang tampak berada di sebelah galaksi NGC 4866.

Dilansir okezone.com, konstelasi Virgo (The Virgin) adalah rasi bintang Zodiak terbesar dan sekaligus rasi bintang terbesar kedua setelah Hydra (The Water Snake). Fitur yang paling menarik dalam konstelasi tersebut yakni ditemukannya banyak galaksi yang terletak di dalamnya.

Dalam sebuah gambar yang ditangkap Hubble, terlihat salah satunya galaksi NGC 4866. NGC 4866 merupakan galaksi yang disebut 'lenticular' dan terletak sekira 80 juta tahun cahaya dari Bumi.

Lenticular merupakan jenis galaksi yang memiliki  bentuk spiral dan elips. Terdapat titik cerah yang dominan di tengah galaksi tersebut. Ilmuwan meyakini bahwa titik cerah tersebut merupakan bintang tua.

Galaksi ini konon bisa dilihat dari Bumi menggunakan teleskop, namun tidak dapat menampilkan fisik galaksi secara keseluruhan. Terdapat jalur debu yang samar di area NGC 4866, sehingga menutupi bagian dari cahaya galaksi.

Di sebelah kanan galaksi merupakan bintang yang sangat terang. Bintang ini seolah muncul di dekat galaksi. Akan tetapi, bintang tersebut sesungguhnya 'mengecoh' astronom, di mana posisi bintang itu berada lebih dekat ke Bumi.

Trik perspektif ini umum terjadi, di mana astronom bisa saja tertipu mengenai bentuk asli galaksi dan posisi objek lainnya seperti bintang dan cluster galaksi. (rep2)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index