Lukman Edy Nilai Riau Idealnya Miliki 20 Kabupaten dan Kota

Lukman Edy Nilai Riau Idealnya Miliki 20 Kabupaten dan Kota

JAKARTA- Provinsi Riau sebagai salah satu provinsi yang mempunyai potensi sumber daya alam dan wilayah yang saat luas dan ditambah lagi kekuatan fiskal yang mendukung. Sehingga bukan tidak mungkin Provinsi Riau dimekarkan menjadi 20 kabupeten/kota yang saat ini masih berjumlah 12 kabupeten/kota.

Ide pemekaran delapan kabupeten baru ini diungkapkan oleh Anggota DPR RI yang juga mencalonkan diri menjadi gubernur Riau pada September mendatang, Lukman Edy di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (23/7/13).

Menurut politisi PKB ini, alasan dilakukan pemekaran di Provinsi Riau juga dalam rangka mempersempit terjadinya kesenjangan pembangunan, terutama mengatasi pendapatan antara kota dan desa.

"Kekuatan fiksal Provinsi Riau sangat memungkinkan adanya pemekaran beberapa kabupaten, apalagi ditambah potensi sumber daya alam memadai sehingga memungkin secara progresif pembangunan lebih merata dengan pemekaran wilayah," sebut Lukman Edy dilansir riauterkini.com.

Salah satu pertimbangan pemekaran ini, tambah mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal era Gus dur ini disebakan masih adanya kesenjangan pembangunan di Provinsi Riau yang masih cukup tinggi. Artinya, tingkat pendapatan antara kota dan desa terlalu lebar dan pembangunan masih terpusat di kota.

"Dengan pertimbangan ini, pemekaran wilayah mutlak dilakukan karena setiap kabupaten dianggap terlalu luas sehingga pelayanan kepada masyarakat tidak maksimal, dan membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai ibu kota kabupaten," ungkap politisi asal Inhil ini.

Lebih lanjut Anggota Komisi VI DPR RI, mengatakan rencana pemekaran wilayah kabupaten/kota di Riau sudah sejalan dengan keinginan masyarakat Riau. Bahkan, katanya, tokoh-tokoh masyarakat Riau sudah mempelajari dan membuat kajian ilmiah serta sudah disampaikan kepada DPR RI, Kementerian Dalam Negeri dan Gubernur Riau.

"Bahkan beberapa tokoh mulai membangun kesepakatan dan membuat pakta integritas dengan kita. Ini merupakan bagian dari respon positif masyarakat dan sejalan dengan apa yang kita sampaikan," ujarnya.

Lukman Edy juga berjanji akan melakukan pendekatan kepada DPR RI terkait rencana pemekaran wilayah Riau tersebut. "Gubernur tentu akan membuat kajian yang komperehensif dan membuat rekomendasi untuk pemekaran dari pemerintah provinsi. Ada dua pendekatan kalau di pusat, yakni bisa inisiatif DPR RI dan berdasarkan usulan Kemendagri," jelasnya.

Adapun sejumlah wilayah yang akan dimekarkan menurut Lukman Edy. Di antaranya, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dimekarkan jadi tiga kabupaten, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dimekarkan jadi dua kabupaten, Rokan Hulu (Rohul) menjadi dua kabupaten, Kabupaten Bengkalis jadi dua kabupaten, Pekanbaru menjadi dua kabupaten/kota serta Kabupaten Kampar menjadi dua kabupaten.(rep2)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index