OLahraga

Indonesia vs Liverpool, Jangan Sampai Dibantai Lagi

JAKARTA - Setelah babak belur dibantai Arsenal dengan skor 0-7, Timnas Indonesia yang kini menggunakan nama Indonesia XI, kembali mendapatkan ujian dari klub elit asal Inggris yaitu Liverpool di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (20/7).

Indonesia adalah negara pertama yang dihadapi The Anfield Genk -- julukan Liverpool-- dalam tur pramusim ini. Meski bermain di stadion kebanggaan Indonesia, Liverpool dipastikan akan mendapatkan dukungan dari puluhan ribu Liverpudlian, fans fanatik Liverpool di Indonesia.

Pasukan Brendan Rodgers dalam semangat tinggi karena berhasil menang banyak pada laga perdana melawan Preston North End empat gol tanpa balas. Sejumlah pemain debutan dan bintang muda yang diturunkan mampu membuat Rodgers tersenyum.

Sebaliknya penampilan skuat Garuda tak kunjung membaik. Di laga terakhir, pasukan Jacksen F. Thiago justru dipermalukan Arsenal dengan skor telak 7-0. Sebelumnya, Boaz Solossa dan kawan-kawan juga kalah dari Timnas Oranye Belanda 3-0.

Di lima laga terakhir, Indonesia belum pernah meraih kemenangan. Tentunya ini akan menjadi pekerjaan rumah besar bagi Jacksen. Pasalnya, laga ini merupakan persiapan Indonesia untuk menghadapi China pada Kualifikasi Piala Asia.

Sedangkan bagi Liverpool laga ini menjadi dijadikan ajang unjuk diri para pemainnya kepada Rodgers agar masuk tim utama pada musim depan. Mereka tentu berharap tidak ditaruh di bangku cadangan saat Liga Premier mulai bergulir pada 17 Agustus nanti.

Bila skuat Merah Putih mampu fokus bermain selama 90 menit pertandingan, maka Garuda bakal bisa mengimbangi Liverpool yang musim lalu bercokol di peringkat ketujuh Liga Premier Inggris. Jika tidak, mungkin Tim Garuda akan kembali menanggung malu. Indonesia akan kembali kalah dengan skor besar.

Laga nanti juga menjadi ajang pembuktian bagi barisan penyerang Indonesia, terutama bagi duet Boaz Solossa dan Sergio van Dijk (SVD). Keduanya merupakan top scorer sementara Indonesia Super League (ISL) musim ini. Boaz Solossa yang memperkuat Persipura Jayapura mengemas 23 gol sedangkan SVD bersama Persib Bandung mengemas 19 gol.

Demi meningkatkan ketajaman duet Boaz-SVD, Jacksen memanggil tambahan gelandang berpengalaman seperti Ahmad Bustomi dan juga Taufiq. Diharapkan kehadiran gelandang baru bisa meningkatkan suplai bola ke lini depan.

Untuk lini belakang, kemungkinan besar tidak akan ada perubahan meski telah dipanggil pemain baru Fachruddin. Barisan pertahanan kemungkinan akan mempertahankan Ruben Sanadi, Victor Iqbonefo, M. Roby dan Hasyim Kipuw. Sedangkan penjaga gawang Kurnia Meiga.

"Mengantisipasi lawan tanpa bola terus kami upayakan. Ini yang menjadi salah satu titik kelemahan kita. Gol-gol yang tercipta berawal dari sini," tukas Jacksen F Tiago, menegaskan seperti dilansir Antara.

Sementara Manajer Liverpool, Brendan Rodgers mengaku tidak sabar untuk segera menghadapi Indonesia. Ia bahkan meminta Steven Gerrard dan kawan-kawan bermain maksimal, meski lawan baru saja mengalami kekalahan telak dari Arsenal. "Saya sudah memahami karakter lawan. Mereka memiliki pemain yang mempunyai skill individu dan teknik yang bagus," katanya.

Brendan Rodgers memastikan akan asuhnya akan bermain serius saat menghadapi Indonesia XI. Meski begitu, Rodgers enggan mematok target gol untuk anak asuhnya. “Skor besar? Yang bisa kami janjikan adalah kami akan tetap bermain serius. Kami akan bermain dengan ciri khas kami, atraktif, menyerang dan menghibur. Tidak ada istilah Friendly match buat kami,”  ujar Rodgers di sela-sela acara pengumuman kerjasama The Reds dengan Standard Chartered di XXI Lounge Plaza Senayan, Jumat (19/7).

“Saya tidak akan bilang 9 atau 10 gol. Satu, lima atau sepuluh gol sama saja, yang terpenting kami bermain serius, dengan gaya sendiri. Ini tes yang bagus buat kami,” sambungnya.

Dalam kesempatan ini, Rodgers juga mengaku tidak sabar menunggu pertandingan di SUGBK. Dia mengaku ingin segera merasakan atmosfer luar biasa di Stadion, menyusul animo Liverpudlian -sebutan fans Liverpool- yang memang selalu memberikan sambutan luar biasa kepada skuad The Reds selama di Jakarta. “Saya sudah tidak sabar melihat atmosfer di Stadion. Semoga kami bisa memberikan penampilan yang menghibur,” tuntasnya.

The Reds datang ke Indonesia dengan kekuatan penuh meski ada tiga pemain yang tidak datang ke Jakarta yaitu Luis Suarez, Pepe Reina dan Sebastian Coates. Namun, Steven Gerrard, Coutinho, Kolo Toure, Daniel Agger, Stewart Downing dan Martin Skrtel serta pemain baru Iago Aspas akan memberikan hiburan pada Liverpudlian Indonesia. (rep05)

Prediksi Susunan Pemain


Indonesia (4-4-2):
Kurnia Meiga; Ruben Sanadi, Victor Iqbonefo, M. Roby, Hasyim Kipuw; Raphael Maitimo, Ahmad Bustomi, Taufiq, Imanuel Wanggai; Boaz Solossa, Sergio van Dijk.

Liverpool (4-3-3):
Simon Mignolet; Glen Johnson, Kolo Toure, Daniel Agger, Jose Enrique; Jordan Henderson, Steven Gerrard, Lucas Leiva; Stewart Downing, Fabio Borini, Raheem Sterling.


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]