Batal Disita, Rupanya KPK Juga Gentar dengan Keris Irjen Djoko

Batal Disita, Rupanya KPK Juga Gentar dengan Keris Irjen Djoko

Jakarta-Indrajaya Februardi, orang yang dipercaya untuk merawat beberapa keris pusaka milik Irjen Djoko Susilo mengungkapkan, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pernah akan menyita keris tersebut. Namun penyitaan batal dilakukan setelah mendapat wanti-wanti dari Indrajaya.

Menurut KBO Sekretariat Nasional Keris Indonesia, Edi Kadhim, orang Indonesia ini sangat percaya dengan mistis. Dia mengatakan, bukan tidak mungkin para penyidik KPK juga memiliki 'penjaga' atau 'pegangan' saat melakukan tugas di lapangan.

"Istilahnya, satu ilmu lain guru. Mereka juga enggak mau nyita karena ilmunya sama, tapi beda guru saja," ujar Edi seperti dilansir merdeka.com, Rabu (17/7).

Menurut Edi, penyidik KPK tak akan nyaman jika tidak dibekali 'pegangan' tersebut. Apalagi penyidik sering menghadapi orang-orang yang mempercayai hal-hal mistis, Irjen Djoko contohnya.

"Mereka enggak nyaman kalau tidak pakai itu," kata dia.

Sebelumnya, Indra menuturkan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi pernah mendatangi rumahnya buat menyita beberapa keris itu. Menurutnya, dia mempersilakan para penyidik menyita keris pusaka itu.

"Saya bilang ke penyidik silakan saja kalau mau menyita. Tapi saya enggak ikut-ikutan. Tapi akhirnya ga jadi diambil," lanjut Indra. (rep05)


 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index