Jatah JCH Bengkalis Hanya 450 Orang di 2013

Jatah JCH Bengkalis Hanya 450 Orang di 2013

BENGKALIS – Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Bengkalis pada musim haji 2013 ditetapkan sebanyak 450 orang. Jumlah tersebut merupakan perubahan yang ketiga kalinya terhitung sejak masa pelunasan BPIH atau sejak ada keputusan pemangkasan JCH baru-baru ini.

Terkait telah adanya ketetapan pemerintah ini, Kemenag Bengkalis mengadakan pertemuan dengan JCH di dua kecamatan yakni Bengkalis dan Bantan di mesjid Jamik Kelapapati Laut, Rabu (17/7).

Pertemuan tersebut dilakukan untuk memberikan penjelasan tentang pemangkasan CJH . Sekaligus membentuk kembali rombongan dan regu, yang sebelumnya sudah terbentuk. Namun karena terjadi perubahan jumlah JCH yang berangkat, maka rombongan dan regu  yang sudah terbentuk tersebut diperbaharui kembali

Kepala Kemenag Bengkalis, H Jumari dalam penjelasan di hadapan para JCH mengatakan jika dari 450 orang yang dinyatakan berangkat tersebut, yang terbanyak dari kecamatan Mandau yakni sebanyak 256 orang. Kemudian dari kecamatan Bengkalis sebanyak 118 orang, kecamatan Bantan sebanyak 32 orang, kecamatan Bukit Batu sebanyak 20 orang dan Rupat sebanyak 1 orang.

"Alhamdulillah yang mendapaf telepon dari Kemenag dan kini semuanya sudah berkumpul di mesjid ini, adalah yang dinyatakan berangkat setelah terjadi pemangkasan jumlah CJH pada musim haji 2013 ini," ujar Jumari.

Dikatakan, ada sekitar 85 orang CJH kabupaten Bengkalis yang sudah masuk porsi tahun 2013 yang tertunda keberangkatannya. Sesuai dengan keputusan pemerintah yang ditunda keberangkatan adalah yang sudah berstatus haji dan tidak sebagai mahrom, kemudian yang masuk dalam prosi muda.

"Ada sebanyak 85 orang CJH kita yang sudah masuk porsi 2013 tertunda keberangkatannya karena terkena syarat dan ketentuan pemangkasan, dan karena hal lainnya. Diantaranya yang berstatus haji dan tidak sebagai mahrom sebanyak 55 orang, kemudian dari porsi muda sebanyak 25 orang, selanjutnya sengaja menunda keberangkatan karena sakit dan lainnya sebanyak 3 orang serta karena meninggal dunia 2 orang," ujar Jumari.

Kepada para JCH yang sudah ditetapkan berangkat musim haji 2013, ia menghimbau untuk tetap menjaga kesehatan, dan menjaga pola makanan agar tetap sehat. "Dari sekarang bolehlah perbanyak membiasakan berjalan kaki. Karena ibadah haji adalah ibadah fisik yang membutuhkan stamina  dan lebih banyak berjalan ketimbang duduk,"ujarnya lagi.

Terhadap yang tertunda keberangkatannya, Jumari menjelaskan lagi jika pemerintah sudah menjamin akan diprioritaskan berangkat tahun depan. Sementara jika BPIH tahun depan lebih besar ketimbang tahun ini,kelebihannya akan dibayarkan oleh pemerintah. Sebaliknya jika BPIH lebih kecil maka sisanya akan dikembalikan kepada JCH. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index