Wow, Harga Daging Sapi Tebus Rp100 Ribu

Wow, Harga Daging Sapi Tebus Rp100 Ribu

PEKANBARU-Harga-harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar di Kota Pekanbaru ternyata belum juga normal. Harga daging sapi misalnya masih terus merangkak naik. Kini satu kilogram daging sapi dihargai Rp100 ribu.

"Tim menemukan lonjakan harga. Daging sapi kini mencapai Rp100 per Kg, bawang merah Rp50 ribu, daging ayam potong Rp36 ribu," papar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, H El Syabrina, seusai melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar di Pekanbaru, Selasa (16/7).

Lalu, beras dengan kualitas sedang kini mencapai Rp9.000 sampai Rp10 ribu per kg. Cabai merah mulai turun menjadi Rp 50 ribu, minyak goreng curah kini Rp9.500 per liter.

Harga-harga itu, kata Syabrina, belum normal. Untuk menetralkannya, Disperindag Pekanbaru akan menggelar pasar murah di 23 titik yang dimulai pada bulan Juli ini juga. "Tetapi harga-harga tak juga stabil, maka akan diperpanjang hingga akhir Desember 2013," jelasnya.

Tak hanya itu saja, pasar murah juga akan digelar di setiap kantor camat di setiap hari libur nasional. "Jadi bagi masyarakat yang ingin belanja datang saja ke kantor camat terdekat, kalau mau belanja," ujarnya.

Syabrina menjamin harga barang yang dijual dalam pasar murah akan jauh lebih murah dari harga di pasaran. "Jadi dengan pemantauan, harga bisa dicocokan saat dijual nanti dan tidak ada yang dirugikan lagi," tuturnya.

Sementara di Kuantan Singingi harga sejumlah kebutuhan pokok yang pekan lalu melonjak tajam mulai turun. Misalnya, cabai merah minang super dari Rp90 ribu turun menjadi Rp60 ribu per Kg. Demikian juga dnegan cabai dari Jawa yang kini dihargai Rp40 ribu per Kg.

Meskipun harga-harga sudah turun, namun pedagang mengeluhkan rendahnya pasokan. Akibatnya, pedagang merasa dirugikan. "Bukan untung, tapi malah buntung. Saya nombok hingga Rp5 juta," kata Rizal, pedagang Pasar Mudik Ulo, Taluk Kuantan, Selasa (16/7).

Di tingkat nasional sebenarnya harga daging sapi di berbagai daerah mulai turun, tetapi daging ayam cenderung masih tinggi. Selain itu, harga bawang merah perlahan merangkak naik.

Secara nasional, menurut pantauan Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, harga daging sapi Selasa kemarin adalah Rp 93.027 per kilogram atau turun dari Rp Rp 94.256 per kilogram pada Jumat pekan lalu. Penurunan di beberapa kota besar tampak lebih signifikan. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index