KPU Luncurkan DPS Online

 KPU Luncurkan DPS Online

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meluncurkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) secara online, Selasa (16/7). KPU memperkirakan jumlah pemilih pada pemilu 2014 mendatang mencapai sekitar 189 juta.

"Jumlah DPS sejauh ini sekitar 177 juta belum termasuk Sumatera Selatan, Maluku Utara dan Papua. Jadi kalau rekapnya (data manual) sekitar 187-189 juta," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik dilansir vivanews.com di Gedung KPU, Jakarta.

Husni menuturkan data di website KPU, www.kpu.go.id, sudah masuk sebanyak 104 juta pemilih. Ia menjelaskan bagi masyarakat yang namanya belum muncul bukan berarti belum terdaftar. "Tetapi datanya belum masuk ke server KPU," ujarnya.

Husni mengimbau masyarakat melakukan kroscek apakah sudah masuk atau belum ke DPS di desa/ kelurahan, RT/ RW atau Panitia Pemungutan Suara setempat. Jika memang belum, ia mempersilakan untuk segera melaporkan diri ke PPS di desa/kelurahan masing-masing untuk mendaftarkan diri. "Dalam proses tanggapan ini, masyarakat harus aktif karena petugas sudah tidak aktif lagi," katanya.

Seperti diketahui, KPU bersama Panitia Pemungutan Suara (PPS) telah mengumumkan DPS di desa/kelurahan, RT/RW sejak Kamis 11 Juli 2013 yang lalu. Rencananya, pengumuman itu berlangsung sampai Rabu 24 Juli 2013 mendatang.

Selama masa itu, masyarakat dapat melakukan proses tanggapan, aduan ataupun hal-hal yang berkaitan dengan soal daftar pemilih, seperti tidak terdaftar sampai dengan Kamis, 1 Agustus 2013. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index