30 Hari di Tahanan, Gubri Khatam 30 Zus Alquran

30 Hari di Tahanan, Gubri Khatam 30 Zus Alquran

JAKARTA - Memasuki hari ke-30 masa tahananannya di Rutan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atau hari keenam puasa Ramadhan pada Senin (15/7), Gubernur Riau HM Rusli Zainal (RZ) merayakan tasyakuran khatam 30 juz Alqur’an.

Tasyakuran ini dipimpin Wakil Ketua MUI Pusat Tengku Zulkarnain yang dihadiri 12 orang kerabat dekat dan keluarga RZ. “Alhamdulillah syukuran 30 juz tadi dihadiri oleh keluarga dekat sekitar 12 orang. Acara hanya diisi doa yang dipimpin oleh Tengku Zulkarnain,“ ujar Rusli Zainal.

Meski telah rampung 30 juz, RZ yang selalu dipercaya menjadi imam shalat Taraweh maupun sholat lima waktu di rutan KPK, menyatakan tetap akan membaca Alqur’an. “Sebenarnya sudah beberapa hari lalu khatam 30 juz. Alhamdulillah, Senin ini juga sudah selesai 4 jam. Mudah-mudahan bisa khatam lagi 30 juz di sisa tiga minggu puasa,“ katanya.

Dalam perbincangan singkat dengan Metro Riau di ruang tahanan KPK, RZ menyatakan kesedihannya tidak bisa melakukan kegiatan Safari Ramadhan yang rutin dilakukannya setiap tahun. Meski begitu, RZ mengaku dirinya tetap memikirkan masyarakat Riau dalam keadaan apapun.

“Percayalah, cuma fisik saja saya di sini (Rutan-red). Tetapi fikiran dan kebathinan saya tetap berada untuk masyarakat Riau,“ kata RZ yang mengenakan kemaja putih dipadu rompo oranye dan celana jeans.

RZ menambahkan dalam setiap safari Ramadhan di Riau, dirinya selalu memiliki kesempatan silaturrahmi secara maksimal secara religius. Disamping bisa berdialog dengan warga  yang dikunjunginya, Rusli tak mengelak dirinya kerap diminta atau dipercaya juga untuk menjadi Imam Taraweh maupun tauziah dalam setiap taraweh.

“Suasana safari Ramadhan tersebut sangat saya rindukan, namun tidak bisa nikmati tahun ini. Tapi meski saya berada di sini, saya selalu mendoakan masyarakat Riau, agar tetap menjalan ibadah selama Ramadhan secara khusu,“ ujarnya. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index