Sekda Bengkalis Terpilih Diharapkan Tegas dan Cekatan

Sekda Bengkalis Terpilih Diharapkan Tegas dan Cekatan

BENGKALIS-Penunjukan Sekda Bengkalis definitif pengganti almarhum Asmaran Hasan tinggal menunggu waktu. Kalangan DPRD Bengkalis berharap Sekda yang tepilih adalah sosok yang tegas dan cekatan.    

Harapan itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Bengkalis, Indra Gunawan, Jumat (12/7). Menurutnya, Sekda terpilih nantinya mampu menjadi menjadi perekat antara eksekutif dan legislatif. Kemudian tentunya yang tak bisa dianggap remeh adalah bagaimana seorang sekda bisa mengambil kebijakan yang cepat dan tepat.

“Sekda juga harus tegas dan cepat dalam mengambil tindakan. Misalnya, soal gaji guru honor lambat dibayar, Sekda harus bisa mengambil langkah cepat. Termasuk soal dana ADD yang belum cair sampai hari ini, Sekda harus tau apa persoalannya, carikan solusi dan segera cairkan,” ujar Indra.

Indra tidak begitu mempersoalkan siapa nantinya yang bakal terpilih untuk jabatan Sekda Bengkalis. Karena memang kata Indra, hal itu menjadi hak prerogatif dan ranahnya Kepala Daerah. Hanya saja kata Indra, pejabat yang terpilih hendaknya benar-benar mumpuni, mengerti persoalan dan solusi yang akan diambil. Tidak hanya duduk di belakang meja tapi juga jemput bola.

“Contoh kasus seperti saya sampaikan tadi soal ADD. Apa persoalannya kok sampai sekarang belum juga cair, apa memang Perdes yang belum selesai atau ada persoalan lain. Kalau memang Perdes, cari dimana kendalanya. Panggil BPMPD, jemput bola segera carikan solusi,” katanya.

Kurang bijak kata pria yang akrab disapa Eet ini, kalau kepala daerah atau pemerintah hanya menyalahkan kepala desa semata, tanpa tahu apa persoalannya. “Pengetahuan dan wawasan prangkat desa tentunya tidak sama dengan SKPD. Mereka masih butuh tunjuk ajar dan pelatihan-pelatihan dan ini harus kita pahama bersama,” kata Eet lagi.

Terkait tiga nama pejabat yang diajukan bupati ke Baperakat Riau untuk jabatan Sekda Bengkalis, kata Eet bupati pasti memiliki alasan sendiri sehigga ketiga nama tersebut diusulkan. Dari kacamata dia sendiri, ketiganya tetap memiliki kelebihan dan kekurangan.

“Terakhir, kabar yang saya dapat hanya dua nama yang mengikuti fit and profer test, pak Burhanudin dan pak Huzaini. Siapapun yang terpilih nantinya, pasti yang terbaik. Hanya seperti apa yang saya sampaikan tadi, harus bisa jadi perekat, tegas dan cepat dan bertindak,” tegasnya. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index