Malaysia dan Mesir Juga Pastikan Awal Ramadhan 10 Juli

Malaysia dan Mesir Juga Pastikan Awal Ramadhan 10 Juli

KUALA LUMPUR-Umat Islam di Malaysia akan memulai berpuasa Ramadhan pada Rabu (10/7), demikian dikutip Bernama, Senin (8/7).

Pihak Kerajaan Malaysia seperti disampaikan Datuk Seri Syed Danial Ahmad mengumumkan bahwa hari pertama puasa bagi negeri-negeri di seluruh Malaysia ditetapkan pada Rabu sesuai perintah dari Yang di-Pertuan Agong (raja Malaysia).

Pengumuman ini disiarkan langsung Radio Televisi Malaysia (RTM). Keputusan tersebut disetujui majelis raja-raja berdasarkan rukyat dan hisab.

Sementara itu Mufti Nasional Mesir, Prof Dr Syeikh Shauqi Abdel Karim Allam, juga memastikan awal puasa Ramadhan jatuh pada Rabu, 10 Juli 2013. Mufti mengatakan pada Senin petang, tim-tim Darul Ifta melihat hilal di sejumlah titik di seantero Mesir, namun belum terlihat hilal di ufuk barat, sehingga bulan Syaban digenapkan 30 hari pada Selasa (9/8).

Penetapan awal puasa itu diumumkan Syeikh Shauqi usai sidang isbat di Kantor Daarul Ifta (Badan Fatwa) di Darrasah, Kairo, dalam acara yang sangat sederhana, dan hanya dihadiri kalangan pakar ilmu falak dan beberapa ulama.

Acara sidang isbat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang biasanya dihadiri oleh kalangan pejabat, duta besar negara sahabat dan pemuka masyarakat. "Acara ini sengaja dilakukan sederhana terkait dengan situasi di Mesir," kata Mufti dalam sambutan singkatnya.

Di akhir sambutannya, Mufti mendoakan Mesir agar terhindar dari malapetaka yang menyengsarakan masyarakat.

Menjelang puasa ini Mesir dilanda krisis politik yang pada Senin pagi terjadi bentrokan antara tentara dan Ikhwanul Muslimin pendukung Moursi, menewaskan 42 orang dan 322 orang cedera. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index