Hindari Persoalan, Pembangunan Replika Istana Sayap Ditunda

Hindari Persoalan, Pembangunan Replika Istana Sayap Ditunda

PELALAWAN - Tak ingin bermasalah, Pemkab Pelalawan yang sebelumnya berencana membangun replika Istana Sayap Pelalawan terpaksa harus ditunda. Bukan hanya pembangunan replika Istana Sayap, bahkan tahun 2013 ini Pemkab membatalkan sejumlah proyek besar dengan alasan jika dipaksakan diprediksi akan menimbulkan masalah.

"Sejumlah pengerjaan proyek besar yang dibatalkan pengerjaannya pada 2013 ini salah satunya pembangunan kembali replika Istana Sayap Pelalawan karena beberapa alasan," terang Bupati Pelalawan HM Harris di Pangkalan Kerinci, Senin (8/7).

Harris mengatakan bahwa rencana pembangunan Istana Sayap sebenarnya sudah dianggarkan di APBD 2013 ini, namun setelah ditinjau kembali pembangunan Istana Sayap di tahun 2013 ini terpaksa harus dibatalkan.

Pasalnya, dana yang dianggarkan untuk pembangunan Istana Sayap pada tahun ini hanya 6 milyar, tetapi setelah dikaji lagi dan dilakukan penghitungan kembali, biaya  pembangunan Istana Sayap mencapa 10 milyar. "Karena itulah, makanya untuk pembangunan Istana Sayap ini kita tunda dulu di tahun 2013 ini," ujarnya.

Jelas Bupati lagi, seandainya pembangunan Istana Sayap juga terus digesa pada tahun 2012 ini diprediksi akan menimbulkan permasalahan. Karena itu, Pemkab Pelalawan berencana akan menganggarkan kempali dan melakukan pembangunan kembali Istana Sayap yang sempat terbakar beberapa waktu lalu itu pada tahun 2014 mendatang.

"Kalau kita lanjutkan pasti ada masalah, entah itu terkait kualitas ataupun permasalahan lainya karena dengan anggaran 6 milyar sangat tidak cukup untuk membangun kembali Istana Sayap itu, makanya kita evaluasi. Tentunya suatu pekerjaan yang meragukan, kita dudukan kembali bersama agar tidak ada masalah di kemudian hari, baik tepat sasaran, tepat waktu dan yang pasti tidak ada persoalan hukum di belakang hari," ungkapnya.

Sambung Bupati, terkait adanya isu yang berkembang, bahwa  penundaan pembangunan Istana Sayap karena saat ini Bupati Pelalawan hanya berfokus pada kecamatan tertentu saja, hal ini dibantah tegas oleh orang nomor satu di Kabupaten Pelalawan itu.

"Jadi masyarakat tolong dipahami ini, bukan ada anak kandung atau anak tiri, bukan kita menunda pembangunan istana. Penundaan pembangunan Istana Sayap itu karena ada beberapa hal yang sangat mendasar untuk dikaji dan tinjau ulang, terutama dari sisi mata anggarannya. Jadi tahun 2014 pembangunan Istana Sayap, insya Allah baru bisa untuk dilaksanakan," tutupnya. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index