Budidaya Itik Petelur di Bukit Batu Potensial

Budidaya Itik Petelur di Bukit Batu Potensial

BUKIT BATU - Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Wijaya Dusun Sukoharjo Desa Sejangat Kecamatan Bukit Batu yang merupaka mitra binaan Pertamina RU II Sei Pakning berhasil membudidayakan itik petelur. Usaha yang dikembangkan sejak tiga tahun lalu ini menunjukkan hasil yang memuaskan dimana kini memiliki 5000 ekor itik petelur.

Kenyataan ini terlihat dalam kunjungan Manager Pertamina Production Sungai Pakning Andi Rinaldi, General Affair Section Head Pertamina Sungai Pakning Sunardi  dan sejumlah staf lainnya ke peternakan itik Wijaya, Senin (8/7) di Dusun Sukoharjo.

Manager Pertamina Production Sungai Pakning Andi Rinaldi usai meninjau peternakan tersebut merasa kagum terhadap mitra binaan yang telah bisa mengembangkan budidya itik bertelur yang saat ini sudah memiliki 5000 ekor itik.

“Sebagai mitra binaan kita melalui program CSR yang telah bisa membantu kelompok Wijaya dalam mengembangkan budidya itik bertelur ini, dimana mesin penetas yang kita bantu bisa memproduksi 600 hingga 1000 itik untuk ditetaskan,” kata Andi.

Dari hasil penetasan itik tersebut nanti Pertamina akan membeli anak itik tersebut dan kemudian disalurkan kembali kepada masyarakat yang ingin membuka usaha beternak itik dan dari hasil tersebut bisa dikembangkan lagi nantinya.

“Dari anak itik yang kita beli nanti akan kita salurkan kepada setiap Kepala Keluar sebanyak 100 ekor dan bantuan ini bisa menjadi pemicu  masyarkat untuk mengembangkan budidya tersebut,” kata Andi lagi.

Jadi usaha peternakan itik petelur ini kata Andi sangat menjanjikan. Selain mudah untuk pemasaran, juga daging itik bisa dijual dan gampang dalam pemasarannnya.

"Budidya itik ini merupakan salah satu Pilot Project kita dalam mengembangkan dunia usaha terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Apabila usaha ini berkembang di tengah masyarakat bisa jadi Sungai Pakning kedepan dikenal sebagai sentra produksi telur itik,” harapnya Andi. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index