Kesucian Bulan Ramadhan Harus Dijaga Bersama

Kesucian Bulan Ramadhan Harus Dijaga Bersama
Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi

SELATPANJANG - Bagi umat Islam saya menghimbau dapat melaksanakan ibadah puasa wajib bulan Ramadhan dan ibadah sunnah lainnya sebulan penuh. Kemudian menunaikannya dengan ikhlas serta berusaha memahaminya.

Kepada masyarakat umum lainnya, sya meminta untuk turut menghormati bulan suci Ramadhan dan ibadah-ibadah yang sedang dijalankan umat islam, yaitu dengan tidak makan minum, merokok dan sejenisnya di siang hari ditempat-tempat terbuka. Termasuk tidak membunyikan petasan (mercon) karena akan mengganggu kekhusyu’an ibadah umat Islam selama bulan suci Ramadhan.

Selain itu, semua pihak diminta untuk pro-aktif dalam menciptakan suasana yang kondusif bagi pelaksanaan ibadah kaum muslimin.

Kepada masyarakat umum lainnya, saya meminta untuk turut menghormati bulan suci Ramadhan dan ibadah-ibadah yang sedang dijalankan umat islam, yaitu dengan tidak makan minum, merokok dan sejenisnya di siang hari ditempat-tempat terbuka. Termasuk tidak membunyikan petasan (mercon) karena akan mengganggu kekhusyu’an ibadah umat Islam selama bulan suci Ramadhan.

Meski pemilik restoran, rumah makan, kedai kopi dan usaha makan minum lainnya tetap diperbolehkan buka sebagaimana biasanya, mereka diingatkan untuk tidak memfasilitasi kaum muslimin membatalkan kewajiban ibadah puasa dengan menutup sebagian tempat usaha dengan tirai kain, ayar, papan pembatas atau sesuatu lainnya di tempat dagangannya.

Bagi pihak pengelola hotel dan pihak lain yang menyediakan tempat-tempat hiburan malam lainnya seperti cafe dan karaoke agar ditutup penuh selama bulan Ramadhan.

Kepada semua unsur aparatur pemerintahan hendaknya pro-aktif mengawasi segala bentuk kegiatan yang ditengarai dapat mengganggu kekhusyu’an kaum muslimin yang sedang melaksanakan ibadahnya.(rep6)



 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index