Vettel Perkasa, Duo Lotus Naik Podium

Vettel Perkasa, Duo Lotus Naik Podium

Nurburgring-Sebastian Vettel tampil begitu perkasa di kandang sendiri F1 Jerman yang berlangsung di Nurburgring (7/7). Andalan tim Red Bull Racing itu menguasai lomba menempuh 60 lap sejak start sampai finis, tanpa mendapat perlawanan dan menempuh waktu total 1 jam  41 menit 14,711 detik.

Ini merupakan kemenenangan keempatnya musim ini, setelah sebelumnya diraih di Malaysia, Bahrain, dan Kanada. Dengan mendapat tambahan 25 angka, posisi teratas sementara sampai seri IX semakin kokoh dengan 157 angka.

Di luar dugaan, duo Lotus berhasil naik podium kedua dan ketiga. Romain Grosjean yang seharusnya bisa finis kedua, sepertinya mendapat instruksi harus menyerahkan kepada Kimi. Meski mendapat tambahan 18 angka, Kimi tetap peringkat ketiga dengan 116 angka belum bisa menggeser Alonso.

Pebalap Ferrari harus puas finis keempat karena tenaga mobilnya sulit bisa mengimbangi Red Bull dan Lotus. Namun, peribngkat Alonso tetap kedua dengan 123 angka.

Kameramen TV dihajar  ban Webber
Cuaca cerah telah menyemangati para pebalap untuk berlomba 60 lap dan tidak diliputi rasa khawatir akan pecah ban seperti terjadi di Silverstone (Inggris). Pirelli membawa dua jenis ban, masing-masing kompoun lunak dan medium dengan serat kevlar yang dinilai Webber sangat baik dan tidak membuat pebalap khawatir.

Ketika lampu merah padam, duo Red Bull berhasil mendahului Hamilton dan bahkanVettel dan Webber masuk tikungan pertama berbarengan. Namun Vettel yang di dalambisa lebih dulu ke depan. Sementara duo Lotus tetap berada di posisi keempat dankelima, hanya Massa yang mampu melewati Ricciardo menjadikannya keenam, sedangAlonso tetap kedelapan.

Sayang, gebrakan Massa yang agresif terhenti di lap 4. Mobilnya spin di tikunganpertama seperti mengerem. Peluang Ferrari tinggal bertumpu pada Alonso yang kinimenduduki urutan keenam karena Ricciardo masuk pit.

Peluang duo McLaren untuk menghidupkan persaingan di depan mulai terbuka. Perez dan Button berada di urutan ketujuh dan delapan. Bahkan naik satu tingkat lagi setelahHamilton masuk pit pada lap 6 mengganti ban kompoun medium.

Masuk lap 7 posisi terdepan diambil Webber karena Vettel masuk ganti ban medium.Ketika masuk lintasan Vettel mundur jadi urutan ketujuh, sedang Hamilton berada ke-10.

Nasib apes dialami Webber. Kala ganti ban di lap 9, dan baru mau jalan, rodabelakang kiri lepas dan menghantam seorang kameramen televisi. Mekanik yangmemasang ban sempat melambaikan tangan tanda belum terkunci. Para mekanik mendoronguntuk kembali ke pit dan Webber bisa melanjutkan lomba.

Sampai lap 11, tingga Grosjean yang memimpin di depan belum ganti ban bersama Alonso (2) dan Button (3) karena mereka di awal pakai ban medium. Seang Vetteltertinggal 14 detik di belakang Grosjean dan berada di urutan keempat. Dan lap 12,Vettel dapat melewati Button untuk ketiga.

Lepas lap 14 semua pebalap sudah memakai ban kompon medium. Hanya, Alonso saatganti ban mundur ke-9, sementara Grosjean hanya melorot dua tingkat jadi ketiga.Bahkan ia berhasil melibas Button dari posisi kedua. Kehebatan mobil Lotus jugadiperlihatkan Kimi yang dapat melewati Rosberg jadi keenam, yang kemudian diikutiAlonso di belakangnya.

Safety car masuk
Harapan Mercedes kini tinggal pada Hamilton yang berada di urutan kelima sampai lap17. Namun ia mendapat tekanan dari Kimi yang berhasil dilewati di lap 19. Kini,giliran Alonso juga siap menyusul Hamilton. Beberapa kali coba dipancing ditikungan dengan mengambil dari sisi lua belum menemukan hasil dan baru di lap 23karena Hamilton masuk pit ganti ban dan posisinya mundur jadi ke-8.

Sementara Grosjean terus memperkecil jarak ketinggalannya dengan Vettel yangmemimpin lomba. Dari 2,8 detik, tinggal 2,3 detik sampai lap 21. Peluang Grosjeanbertarung dengan Vettel kian terbuka saat masuk safety car (SC) di lap 24 karena mobil dari tim Marussia mogok. Kala SC masuk lintasan, Vettel, Grosjean, Alonso masuk ganti ban, sehingga formasi saat balapan tidak berubah, yakni Vettel terdepan diikuti, Grosjean, Kimi, Alonsodan Button.

SC baru masuk lap 29. Dalam lima lap Vettel sudah meninggalkan Grosjean 1,2 detik.Namun di lap 34, Grosjean mulai menekan Vettel dengan jarak 0,5 detik, sedang Kimidengan sabar menmpel di balakang. Boleh jadi, Vettel tak ingin meninggalkan lawanterlalu jauh, namun kondisi ban cepat aus. Sehingga ia mengatur irama lomba karenamasih sekali lagi untuk ganti ban.

Benar, lap 41 Grosjean masuk pit ganti ban kompon medium dan posisi turun jadikeenam. Vettel pun melakukan ganti ban lap 42 dan posisi melorot jadi kelima,sementara Kimi terdepan diikuti Alonso. Mestinya ketika Vettel tertahan olehHamilton, kesempatabn emas bagi Kimi dan Alonso ganti ban, tapi tidak dilakukansampai Vettel dapat melibas Hamilton di lap 45.

Vettel mendapat kembali posisi terdepan begitu Kimi dan Alonso berbarengan masuk pit untuk ganti ban yang ketiga kali. Keduanya memakai ban kompon lunak dan ketika masuk mereka di belakang Vettel dan Grosjean. Namun , Grosjean seperti sengaja memberi Kimi melewatinya demi menjaga peringkat. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index