Guru Berprestasi Tingkat Nasional, Mulyadi Wakili Riau

Guru Berprestasi Tingkat Nasional, Mulyadi Wakili Riau

RENGAT-Mulyadi, guru SD Marginal Dusun Datai, Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gangsal Kabupaten  Inhu, tampil sebagai guru berprestasi se-Provinsi Riau dan siap bersaing ketingkat nasional di Jakarta pada tanggal 15 hingga 22 Agustus 2013 mendatang.
 
Mulyadi berhasil juara pertama kategori guru daerah, khusus pada Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi tingkat Provinsi Riau.

Jarak tempuh dusun Datai yang cukup jauh dari desa induknya, Rantau Langsat yang memakan waktu perjalanan sedikitnya 4 jam melalui perjalanan air, ternyata tersimpan Mutiara yang terpendam dan saat ini mengharumkan nama daerah  Kabupaten Inhu hingga seantero nusantara.

Menurut Ketua Dewan Pendidikan Indragiri Hulu, HM Arpan Saleh didampingi sekretarisnya Asri di Rengat, Minggu (7/7), prestasi cemerlang itu perlu mendapat perhatian khusus dari Pemkab Inhu. Sehingga semangat untuk berprestasi tidak menurun, selain itu akan memberikan motivasi kepada guru yang lainnya.
    
Semangat dan motivasi katanya, akan mendorong semua guru untuk siap berkompetisi dalam ajang pemilihan dan uji kemampuan sebagai tenaga pengajar. “Selama ini, saya lihat para pengajar kita enggan bertugas jika ditempatkan di kota kecil atau jauh dari pusat ibu kota, dengan sejumlah alasan baik itu sulitnya transportasi, rendahnya tunjangan, bahkan dianggap masih sulit untuk berprestasi. Namun dengan adanya salah satu guru yang berasal dari sekolah dan daerah terpencil ini, akan merubah paradigma tersebut,” harapnya.
 
Atas prestasi tersebut, Mulyadi akan mewakili Provinsi Riau pada pemilihan guru berprestasi tingkat nasional. SD Marginal Datai merupakan sekolah yang mendidik anak-anak pedalaman Suku Talang Mamak yang merupakan suku asli Indragiri Hulu.

Kepala Dinas Pendidikan Inhu,  Ujang Sudrajat, mengatakan sebelum ke Jakarta mewakili Riau, Mulyadi terlebih dahulu akan mengikuti pembekalan selama beberapa hari, sehingga persiapan akan semakin matang.  

"Pada pemilihan pendidik dan tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi tingkat Provinsi Riau tersebut, Kabupaten Inhu mengirimkan 11 perwakilan yang terdiri dari guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah beprestasi hasil seleksi tingkat Kabupaten Inhu. Namun yang berhasil satu orang meraih prestasi puncak," terangnya.
    
Dijelaskannya, dari 11 perwakilan tersebut, enam diantaranya mampu meraih juara, masing-masing Mulyadi, guru SD Marginal Datai yang tampil sebagai juara pertama kategori guru daerah khusus. Sri Kandini Susilomurti S.Pd, guru SD Luar Biasa Inhu yang tampil sebagai juara kedua untuk kategori pendidikan luar biasa.
    
Selain itu sebutnya, RA Endang Ratnawati  guru SMAN 1 Pasir Penyu yang tampil sebagai juara ketiga kategori guru SMA. Herwindo Rozy guru SMKN 1 Rengat yang tampil sebagai juara ketiga kategori guru SMK, Kartika Nurwita.K, kepala sekolah RA Al-Islam Petala Bumi yang tampil sebagai juara ketiga kategori kepala sekolah berprestasi dan Hj Nesmelly pengawas SD di UPT Dinas Pendidikan Pasir Penyu yang tampil sebagai juara ketiga kategori pengawas SD berprestasi. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index