Unik, Perolehan Suara Pilkades Suka Mulia Seri

 Unik, Perolehan Suara Pilkades Suka Mulia Seri

DAYUN-Camat Dayun Drs  Marwoto mengaku Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) ulang di Desa  Suka Mulia Kecamatan Dayun akibat dua Bakal Calon (Bacalon) memperoleh suara yang sama atau seri, merupakan peristiwa pertama di Kabupaten Siak.

"Ini merupakan peristiwa yang menjadi catatan di dalam sejarah di pemilihan kepala desa di Kabupaten Siak, khususnya di Kecamatan Dayun," kata Marwoto melalui selulernya, Minggu(7/7).

Dikatakannya, dari hasil  pemilihan Kepala Desa Suka Mulia terjadi perolehan suara yang sama, untuk itu sesuai dengan ketentuan akan di lakukan pilkades ulang. Disebutkannya, dalam pilkades tersebut ada tiga orang calon yang bertarung  dalam pilkades itu diantaranya Muklis nomor urut 1,Muhamad Milo harjo nomor 2 dan Jumadi di nomor urut 3.

"Setelah dilakukan penghitungan suara ada dua orang calon yang memiliki perolehan suara yang sama. Yakni M Miloharjo dengan 152 suara, dan Jumadi juga 152 suara, pilkades akan dilaksanakan paling lambat 30 hari kedepan," jelasnya.

Dikatakannya, pilkades ini sesuai dengan  Peraturan Daerah No 9 Tahun 2006 Pasal 41 yang mana bila dalam pemilihan kepala desa terjadi jumlah suara yang di dapatkan calon sama atau draw akan di lakukan pemilihan ulang kembali.

Untuk pelaksanaan pilkades ulang ini  camat meminta  kepada seluruh lapisan masyarakat yang sedang atau akan melaksanakan proses pemilihan ulang untuk bisa menjaga keamanan,  supaya semua proses yang dilakukan oleh pihak pelaksana bisa berjalan aman dan lancar.

"Bagi panitia kita berikan apresiasi telah menjalankan penyelenggaraan dengan baik aman dan lancar, dengan adanya pemilihan ulang itu panitia harus bekerja keras lagi karena di ketahui bersama anggaran untuk pilkades cukup besar," pungkas Marwoto.

Untuk Itu camat juga menghimbau semua pihak harus bisa saling menahan diri menghormati dalam proses demokrasi yang sedang berlangsung, jangan sampai proses demokrasi menjadi terganggu. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index