Stok Kebutuhan Pokok Aman Jelang Ramadhan

 Stok Kebutuhan Pokok Aman Jelang Ramadhan

BENGKALIS-Sepekan menjelang bulan Ramadhan, harga barang-barang khususnya sembako masih stabil karena stok masih mencukupi. Hasil sidang Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bengkalis, beberapa waktu lalu juga tidak terlihat kenaikan harga barang-barang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bengkalis, H Amir Faisal yang melakukan inspeksi mendadak ke pasar Terubuk dan sejumlah agen sembako di Kota Bengkalis, juga tidak melihat adanya kenaikan harga.

Untuk harga produk sembako, cabe padang yang sebelumnya Rp48 ribu perkilogram turun menjadi Rp45 ribu perkilogram sejak beberapa hari terakhir ini. Demikian juga tomat, dari sebelumnya Rp13 ribu-Rp14 ribu/kg, sekarang turun menjadi Rp7ribu -Rp8 ribu/kg. Hanya wartel yang mengalami sedikit kenaikan dari sebelumnya Rp10 ribu-Rp11 ribu/kg naik menjadi di kisaran Rp13 ribu-14 ribu/kg.

"Sejauh ini belum ada dampak kenaikan BBM terhadap harga kebutuhan pokok. Bahkan untuk beberapa jenis sayuran cenderung menurun karena pasokan dari Dumai dan Sumbar cukup lancar,'' ujar salah seorang pedagang kepada rombongan Kadisperindag.


Untuk lauk pauk seperti daging dan ikan juga relatif stabil. Khusus untuk ikan cenderung turun dibandingkan sebelum-sebelumnya karena melimpahnya hasil tangkapan nelayan. Justru yang dikhwatirkan bakal terjadi lonjakan harga menjelang puasa nanti adalah harga ayam potong dan daging sapi. Saat ini harga ayam potong berkisar Rp26 ribu-Rp27 ribu/kg, sedangkan daging sapi Rp105 ribu/kg.

"Kemungkinan harga ayam akan naik menjelang puasa nanti. Sekarang kecenderungannya seperti tu," ujar salah seorang pedagang ayam di pasar Terubuk, seperti dilansir goriau.com.

Selanjutnya rombongan Kadisperindag meninjau stok sembako di sejumlah agen yang ada di Kota Bengkalis. Salah satunya di UD Deli Makmur di Jalan Sudirman, salah satu agen sembako terbesar di daerah ini. Menurut pengakuan dari pengelola agen Deli Makmur, , stok sembako menghadapi puasa dijamin aman, karena selain stok yang ada di gudang, juga akan masuk stok baru dalam minggu ini.

"Meski BBM naik, harga sembako belum ada kenaikan Pak. Masih harga lama. Bisa jadi kenaikan akan terjadi ketika pemerintah mengumumkan kenaikan tarif angkutan nantinya, sekarang belum," ujar pengelola UD Deli. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index