Riau

Kebakaran Hutan Butuh Partisipasi Warga

KOTA GASIB - Salah satu penyebab terjadinya kabut asap yang menyelimuti Kabupaten Siak salah satunya adalah masih kurangnya kesadaran masyarakat terkait pembakaran lahan.
 
Hal ini disampaikan Camat Koto Gasib Drs Arlisman kepada Metro Riau, Selasa (25/6) di ruang kerjanya. "Saat ini wilayah Kecamatan Koto Gasib memang sudah terjadi di beberapa titik kebakaran lahan penyebab timbulnya asap," terangnya.
 
Dikatakan Arlisman, kabut asap merupakan kejadian rutin dan terjadi saban tahun. Untuk mengantisipasi hal tersebut, harus dilakukan sosialisasi tentang bahaya kebakaran kepada masyarakat secara maksimal.
 
"Masyarakat harus diberikan sosialisasi dan pembekalan terhadap bahaya pembakaran lahan yang dapat berakibat seperti saat ini terjadi," ujarnya.
 
Lanjut Arlisman, selain sosialisasi tersebut setidaknya mampu meminimalisir kebakaran lahan dengan melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat. "Kita berharap kesadaran masyarakat dapat mengatasi maupun mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan, salah satunya adalah jangan membuang puntung rokok ke tempat yang rentan terjadinya kebakaran, seperti di lahan gambut," jelasnya.
 
Saat ini, tambah Arlisman, kebakaran tersebut terindikasi disebabkan ada kesengajaan oknum atau masyarakat, jika dilihat unsur ketidaksengajaan itu relatif.
 
"Terjadinya kebakaran di beberapa titik di wilayah kecamatan koto gasib di terindikasi unsur kesengajaan namun hal itu memang sulit untuk di buktikan meskipun begitu saat ini lahan yang terbakar sudah dapat di padamkan," ujar Arlisman.
 
Dikatakan Arlisman kepada masyarakat diimbau untuk bisa lebih proaktif. "Bila terjadi kebakaran lahan di sekitar lingkungan untuk bisa cepat tanggap memadamkan dan bila tidak sanggup untuk melakukan pemadaman dilaporkan ke pihak terkait supaya dilakukan upaya pemadaman agar tidak semakin meluas," imbaunya. (rep04)
 

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]