Hukum

Pengejaran Selama 3 Jam, KKP Berhasil Tangkap Kapal Pencuri Ikan

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menangkap kapal pencuri ikan (illegal fishing) di Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo tidak mudah melakukan penangkapan terhadap dua kapal pelaku ilegal fishing berbendera Vietnam di Laut Natuna Utara pada 15 Juli 2020.

"Saya mendapat kabar pengejaran itu sudah berlangsung 3 jam. Tapi saya yakin 3 jam ini termasuk paling singkat. Pasalnya ada yang sampai 5-6 jam," ujar dia, Rabu (22/7/2020).

Dirinya pun memberikan apresiasi kepada jajaran Dirjen PSDKP KKP khususnya awak kapal pengawas yang penuh keberanian dan kegigihan mengamankan sumber daya laut Indonesia dari pelaku illegal fishing.

"Di saat kita semua masih menghadapi Covid-19 dan diminta untuk ada di rumah, awak kapal pengawas masih terus berjibaku menjaga setiap jengkal laut kita, dan menangkap banyak kapal ikan asing ilegal," ungkap dia.


Dia juga menjelaskan modus kapal asing ini, mereka mengikat pengemudi kapal, lalu gasnya ditekan full diberi pemberat, belakang kemudi dikasih jaring-jaring untuk menghambat kapal dari KKP. Pasalnya risiko apabila terkena baling-baling kapal akan hancur.

"Pak Presiden Jokowi pada Oktober 2019 memiliki kebijakan aksi dalam memberantas illegal fishing, dan itu diterjemahkan dengan sangat baik oleh Dirjen PSDKP. Jadi kami dan jajaran aksi itu lebih penting daripada bicara," katanya. (rep05)


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]