Riau

Tahun 2019, Jembatan Sinaboi Rohil akan Dibangun

Bagansiapiapi (Riaudaily.com) – Penantian panjang masyarakat Sinaboi untuk memperoleh jembatan permanen yang menghubungkan Kepenghuluan Sungai Bakau - Kelurahan Sinaboi, pada 2019 ini akan terwujud. Pemerintah pusat telah menyetujui pembangunan jembatan dari Kepenghuluan Sinaboi ke Kelurahan Sinaboi.

Pembangunan jembatan penghubung yang akan membentang di atas Sungai Sinaboi, Rohil, disampaikan Bupati Rohil H Suyatno pada Sosialisasi Pengawasan Keuangan Desa / Kepenghuluan dan Permasalahan PTSL (PRONA), Serta Evaluasi Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa / Kepenghuluan se Kabupaten Rokan Hilir, Rabu, 19 Desember 2018 kemarin.

"Jembatan Sinaboi, yang menuju ke kampung lama (Kelurahan/ Kepenghuluan Sinaboi) itu tahun 2019 di bangun. Insya Allah pengerjaan pembangunan jembatan Sinaboi dilaksanakan pada 2019," kata Bupati Rohil H Suyatno, di acara yang dilaksanakan di Gedung Nasional H Misran Rais, Kota Bagansiapiapi.

Pendanaan atau anggaran pembangunan Jembatan Sinaboi itu, sebut Bupati Suyatno, bersumber dari APBN. "Kalau tidak salah Rp62 miliar. Bersumber dari APBN," kata Bupati Suyatno.

Selain Jembatan Sinaboi, kata Bupati, pada 2019 juga akan dibangun jembatan menuju ke Pulau Tilan dengan pendanaan dari pusat. Proyek peningkatan kualitas jalan juga banyak pada 2019, seperti jalan dari Simpang Bangko Pusako - Bagan Sinembah, jalan dari Ujung Tanjung - Bagansiapiapi, jalan Simpang Pujud - Bagansinembah, jalan poros Teluk Bano, dan jalan poros Kubu.

Selain itu juga ada pemasangan jaringan pipa air minum di dua kecamatan, pembangunan Puskesmas Bagan Punak di Bundaran Tugu Gong, Batu Enam, dan renovasi total Puskesmas Rimba Melintang, yang sumber pendanaan berasal dari pemerintah pusat.

Dari provinsi juga akan ada lanjutan pembangunan jalan poros Pedamaran - Panipahan, dan jalan provinsi lainnya, serta berbagai program pembangunan di satuan organisasi perangkat daerah (OPD).

"Jalan Ujung Tanjung - Bagansiapiapi Insya Allah melalui DAK pusat, sebab merupakan jalan nasional. Jadi yang jalan provinsi, maka provinsi yang bangun, sedangkan jalan kabupaten kita yang bangun," terang Bupati.

Bupati Rohil H Suyatno, juga sempat menyampaikan bahwa ia tidak mempersoalan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur 2018, dan tidak mempermasalahkan hasilnya.

"Yang lalu biar berlalu. Saya masih sayang pada bapak-ibu sekalian. Itu biasa, persoalan politik. Kalah-menang biasa. Rohil ini kita punya, ini negeri kita bersama, mari kita buka lembaran baru," jelas Bupati. (H. Dahrin)

 


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]