Halal Bi Halal Keluarga Besar IKLA Riau

Tambua Tansa Mahoyak Kolam Renang Talago Biru

Keluarga besar IKLA mengadakan acara halal bi halal.

Pekanbaru, RiauDaily.Com - Kesenian tradisional asal Minangkabau, Sumatera Barat, Tambua Tansa menyemarakkan acara halal bi halal keluarga besar Ikatan Keluarga Luhak Agam (IKLA) Provinsi Riau di Kolam Renang Talago Biru, Marpoyan, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Sabtu (28/07/2018).

Penampilan Tambua Tansa pimpinan Drs H Berman Sutan Chaniago ini mampu "mahoyak" (mengguncang) Kolam Renang Talago Biru milik Ketua IKLA Kota Pekanbaru Ir Novian Tanjung Sutan Mangkuto Alam yang dijadikan sebagai tempat acara.

Selain penampilan Tambua Tansa, acara juga dihibur dengan nyanyian lagu-lagu minang. Di antaranya dilantunkan oleh penyanyi asal Cubadak Lilin, Kanagarian Lawang, Rina "Alung" Zulfitria. Rina Alung yang disapa Ina ini sudah menghasilkan beberapa lagu minang. Antara lain Rindu Sampai Manangih dan Kabuik Asok Pakanbaru.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Um IKLA Riau Ir Noviwaldy Jusman Datuk Rajo Ameh, Ketua Harian IKLA Riau Yose Rizal ST MSi Sutan Makmur, Ketua IKLA KotaPekanbaru Ir Novian Tanjung Sutan Mangkuto Alam.

Selain itu, acara halal bi halal ini juga dihadiri rombongan IKLA Perawang, Kabupaten Siak yang dipimpin langsung oleh Ketua IKLA Perawang, Irdam.

Dalam Sambutannya, Ketua IKLA KotaPekanbaru Ir Novian Tanjung Sutan Mangkuto Alam menyampaikan terima kasih sekaligus mengapresiasi seluruh pengurus atas gagasan dan sumbangsihnya untuk menyelenggarakan acara halal bi halal ini. 

"Saya mengapresiasi kawan-kawan pengurus yang dengan tulus ikhlas menyumbangkan dananya untuk acara halal bi halal ini. Sehingga acara ini bisa terselenggara sesuai yang kita rencanakan," ujar Ketua IKLA Kota Pekanbaru ini seraya menyampaikan, tema acara halal bi halal tahun 1439 Hijriah/2018 Masehi ini yakni Mari Tingkatkan Tali Silaturahmi Antar Warga Luhak Agam, Manjampuik Nan Tingga dan Mangumpuakan Nan Taserak.

Novian Tanjung mengatakan, setelah halal bi halal ini nanti akan segera dibuat agenda rapat kerja untuk membahas dan merancang program kerja IKLA. Rapat kerja nanti bisa saja dilaksanakan apakah di Pekanbaru atau di Nuansa Hotel Maninjau, Kabupaten Agam.

"Kalau dapat, rapat kerja IKLA nanti kita adakan di Nuansa Hotel Maninjau saja. Selain melakukan rapat kerja, kita juga bisa tour. Dengan begitu, ada oleh-oleh yang bisa kita bawa pulang,'' ujar Novian.

Disamping itu, ungkap Novian, program kerja yang sampai saat ini masih menjadi wacana adalah mendirikan IKLA Mart dan Koperasi IKLA. 

"Terkait dua rencana ini, kita akan segera membentuk tim. Termasuk juga dengan adanya rencana akan membuat peternakan sapi di lahan 100 hektare milik Ketua Umum IKLA Riau di kawasan Okura," ungkap Novian.

Sementara itu, Ketua Umum IKLA Riau Ir H Noviwaldy Jusman Datuk Rajo Ameh juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengurus IKLA yang telah menyelenggarakan acara halal bi halal ini. Sehingga acara dengan konsep back to nature ini bisa terselenggara sesuai dengan yang direncanakan.

"Saya menyambut baik apa yang sudah disampaikan oleh Ketua IKLA Kota Pekanbaru terkait rencana kita akan mendirikan IKLA Mart dan koperasi serta peternakan sapi. Khusus peternakan sapi, kita serahkan ke Pak Novian saja. Karena Pak Novian ahlinya. Bentuk segera timnya. Kita ada lahan untuk itu," sebut pria yang akrab disapa Dedet ini.

Dengan adanya usaha ini, sambung politikus Partai Demokrat yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Riau ini, nanti akan bisa memberikan peluang bisnis baru bagi generasi muda Agam dalam meningkatkan perekonomiannya. 

"Karena itu, segeralah bentuk tim. Sehingga apa yang kita rencanakan ini bisa kita wujudkan," kata Dedet.(ron)


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]