Danramil 03/Senapelan Tanamkan Bela Negara ke Siswa Baru SMAN 7 Pekanbaru

Danramil 03/Senapelan Tanamkan Bela Negara ke Siswa Baru SMAN 7 Pekanbaru
Koramil 03/Senapelan mengisi materi latihan baris berbaris ke siswa siswi baru SMAN 7 Pekanbaru.

Pekanbaru, RiauDaily.Com - Koramil 03/Senapelan mengisi materi latihan baris berbaris, wawasan kebangsaan dan bela negara termasuk pencegahan narkoba kepada siswa siswi baru SMAN 7 Pekanbaru.  

Kegiatan tersebut berlangsung di lapangan sekolah dan pendopo sekolah SMA Negeri 7 Jalan Kapur Kelurahan Kampung Baru, Kecanatan Senapelan Kota Pekanbaru, Jumat (13/07/2018).

Dalam kegiatan tersebut, 315 orang siswa baru SMAN 7 Pekanbaru tampak antusias menerima materi dari Danramil 03/Senapelan Kapten Czi P. Siregar.

Kapten Czi P. Siregar menjelaskan, pembinaan siswa yang dilakukan anggota TNI khususnya Koramil Senapelan dimaksudkan untuk lebih mendisiplinkan pelajar serta memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi saat mendapatkan tugas sekolah hingga mengikuti pelajaran di sekolah.

"Kegiatan pembinaan siswa ini tak hanya memberikan pelatihan baris berbaris dan lainnya di lapangan. Tapi juga masalah peraturan, tata cara penghormatan, wawasan kebangsaan, bela Negara dan pencegahan terhadap bahaya narkoba," terang Kapten Czi P. Siregar.

Dengan pembinaan ini, tutur Kapten Czi P. Siregar, diharapkan tumbuh rasa nasionalisme dan cinta tanah air pada diri siswa. Sehingga para siswa memiliki rasa tanggungjawab dan jiwa korsa.

Lebih lanjut Kapten Czi P. Siregar menjelaskan tentang 4 pilar NKRI yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika serta 3 unsur pokok dalam wawasan kebangsaan yaitu rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan. 

"Rasa kebangsaan merupakan sublimasi dari Sumpah Pemuda yang menyatukan tekad menjadi bangsa yang kuat, dihormati dan disegani diantara bangsa-bangsa di dunia. Paham kebangsaan merupakan komitmen bersama yang benar-benar dilandasi dengan semangat kebersamaan, senasib dan sepenanggungan, sedangkan semangat kebangsaan merupakan perpaduan antara rasa dan semangat kebangsaan. Semangat kebangsaan akan terpancar dari kualitas dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman," paparnya.(*/ron)

#Riau

Index

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index