Mahasiswa UIR Ikuti Program SPACE di Saga University Jepang

Mahasiswa UIR Ikuti Program SPACE di Saga University Jepang
Rifal Fauzi, mahasiswa dari Program Studi Perminyakan Fakultas Teknik UIR

Pekanbaru, Riaudaily.com - Rifal Fauzi, mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) terpilih mengikuti program international Saga University Program for Academic Exchange (SPACE) di Jepang.

Mahasiswa dari Program Studi Perminyakan Fakultas Teknik ini nanti bergabung bersama 60 peserta di seluruh dunia.

Program ini berlangsung selama 1 tahun dari September 2018 sampai Agustus 2019. Selama masa tersebut Rifal Fauzi akan mengikuti kuliah yang diadakan pihak SAGA University serta beberapa kegiatan extra kurikuler lain. Fasilitas yang diterima peserta SPACE antara lain bebas uang kuliah selama 1 tahun dan disediakan international dormitory di sekitar kampus. 

Rifal Fauzi merupakan anak Melayu Tanjung Pura Kabupaten Langkat, Sumut yang lahir pada 3 Juli 1995. Ia kuliah di UIR sejak tahun 2013. Rifal akan menyelesaikan studinya di UIR sebelum berangkat ke Jepang pada akhir 2018. Saat ini ia sedang menunggu proses sidang hasil penelitian dan sidang skripsi/meja hijau. Mahasiswa dengan IPK 3,25 ini pernah mendapat juara satu dalam festival lomba lukis wajah tokoh politik yang diadakan di UIN Susqa 2014. Selain itu pernah pula memperoleh juara dua di lomba karikatur pekan kreasi intellectual pelajar dan mahasiswa Universitas Riau tahun 2013.

Ketua Prodi Perminyakan Fakultas Teknik UIR, Dr. Eng Muslim menyebutkan, lolosnya Rifal Fauzi mengikuti kegiatan berskala international itu menunjukan kualitas mahasiswa Prodi Teknik Perminyakan semakin meningkat. Ia mengatakan, akhir 2018 ini Prodi Teknik Perminyakan juga mengirim salah satu alumninya untuk Combine Program (S2 langsung S3) di Inha University-Korea Selatan dengan beasiswa penuh dari pihak Korea Selatan. 

''Berbagai prestasi telah ditoreh mahasiswa Teknik Perminyakan. Semua ini terlaksana berkat aktivas mahasiswa dalam mencari peluang untuk menambah pengetahuan, wawasan dan netrworking di dunia international. Lolosnya Rifal Fauzi menjadi peserta SPACE merupakan usaha dan perjuangan mahasiswa yang bersangkutan. Ketua Prodi, Fakultas dan International Office UIR hanya memberi rekomendasi kepada mahasiswa, sekaligus mengirim dokumen yang diperlukan oleh SAGA University,'' ungkap Muslim. 

Di tempat terpisah Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL merasa bangga atas prestasi diraih Rifal Fauzi. Menurut Rektor, keberhasilan ini merupakan kebanggan bagi Universitas Islam Riau khusunya bagi Prodi Teknik Perminyakan. 

''Keikut-sertaan Rifal dalam program ini akan membuat nama UIR makin di kenal di level global sehingga Visi UIR 2020 inshallah bisa terwujud. Semakin banyak kegiatan bertaraf international yang kita ikuti akan berdampak positif bagi UIR. Semoga mahasiswa UIR lainnya dapat mengikuti jejak langkah Rifal Fauzi,'' ucap Rektor berharap.(*/ron)

#Pendidikan

Index

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index