Motor Awal Penggerakan Program-Program Universitas

FK Unri Dirikan Kampung Pelita Medika 1 di Meranti Pandak

Rektor Unri Prof Dr Aras Mulyadi DEA saat meresmikan Kampung Medika 1 FK Unri, Sabtu (24/03/2018).
Pekanbaru (riaudaily.com) -  Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK Unri) mendirikan Kampung Medika 1 di Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Riau. Sesuai dengan namanya “Pelita Medika”, pogram ini diharapkan dapat menerangi pogram kesehatan yang bermanfaat kepada masyarakat. Sehingga nanti dapat menjadi motor awal penggerakan program-program universitas untuk masyarakat.
 
"Masih banyak lagi program-program berkelanjutan untuk kemajuan Provinsi Riau khusunya bidang penelitian, pembelajaran, dan pengabdian kepada masyarakat yang berbentuk inovasi-inovasi terkini,” kata Rektor Unri Prof Dr Aras Mulyadi DEA saat meresmikan  Kampung Medika 1 FK Unri, Sabtu (24/03/2018). 
 
Turut hadir saat itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldi dan Dekan Fakultas Kedokteran Unri Afandi DFM SpF.
 
 
Rektor menjelaskan, kelompok mahasiswa yang melaksanakan kegiatan ini merupakan angkatan pertama dalam pengelolaan pada “Kampung Pelita Medika 1”. Kegiatan yang serupa, nantinya akan direncanakan kembali untuk direalisasikan menjadi “Kampung Pelita Medika 2” yang akan dipusatkan di Buluh Cina, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.
 
“Kami civitas akademika Unri, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Pekanbaru, serta tokoh masyarakat yang telah sudi menerima kami mahasiswa kedokteran untuk berbagi ilmu yg telah didapat sesuai Tri Dharma perguruan tinggi,” ungkap Rektor.
 
Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldi dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Civitas Akademika Unri yang memberikan perhatian kepada masyarakat  khususnya kecamatan ini.
 
“Memang kelurahan ini yg menjadi perhatian kami, khususnya  daerah ini masih banyak permasalahan kesehatan. Tentunya kegiatan ini tidak hanya dibebankan pada dinas terkait, namun sangat dibutuhkan keterlibatan aktif dari peran Perguruan Tinggi untuk membantu dalam penanganan permasalahan pada bidang Kesehatan masyarakat,” ungkap Zaini.
 
Pemko Pekanbaru sendiri, menurut Zaini, juga sedang menjalankan berbagai pogram kesehatan untuk masyarakat yang dapat digabungkan dan dilaksanakan bersama-sama untuk dapat mengubah kesehatan dan pola pikir masyarakat.
 
"Semoga Kegiatan ini dapat memberikan pola hidup yang lebih baik lagi sesuai visi kota pekanbaru “Smart City Madani” yakni pemerintah yang cerdas (tata kelola pemerintah yang bersih dan efektif), masyarakat yang cerdas, ekonomi cerdas (inverstasi padat modal dan memanfaatkan masyarakat), dan lingkungan yang nyaman, dimana mahasiswa dan perguruan tinggi sebagai motor penggerak kemajuan kota pekanbaru ini,” harap Zaini.
 
Sedangkan Dekan Fakultas Kedokteran Unri Dr dr Dedi Afandi DFM SpF menyebutkan, gagasan tentang diwujudkannya Kampung Pelita Medika merupakan inisiatif Unri untuk memberdayakan potensi Sumber Daya yang ada pada Fakultas Kedokteran.
 
“Kampung Pelita Medika ini sudah lama dicanangkan oleh Rektor UNRI, namun barulah pada kasempatan ini dapat kita realisasikan,” katanya.
 
Kampung Pelita Medika merupakan pogram yang dikelola oleh FK Unri. Sesuai dengan namanya, Kampung Pelita Medika ini akan di isi dengan kegiatan-kegiatan mahasiswa di bidang kesehatan. Kegiatan tersebut di laksanakan dengan metode setiap satu keluarga angkat, akan diisi oleh satu orang mahasiswa. Uraian kegiatan yang akan dilakukan diantaranya adalah memberikan berbagai informasi tentang kesehatan dan berbagai ilmu yang telah di dapatkan di Unri, serta berbagai kegiatan yang berkaitan dengan bidang pengabdian kepada masyarakat.
 
“Melalui program Kampung Pelita Medika, mahasiswa FK Unri dan masyarakat dapat berinteraksi secara langsung dalam memberikan pelayanan kesehatan dan berbagi ilmu kesehatan yang didapatkan oleh mahasiswa. Kegiatan ini bisa dikatakan sebagai gabungan antara implementasi antara Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat,” tutur Dekan.
 
Acara ditutup dengan penyerahan sebanyak 122 mahasiswa kepada Kelurahan Meranti Pandak dan penandatanganan prasasti serta mengunjungi posko Kampung Pelita Medika 1. Kegiatan ini selain dihadiri Rektor Unri, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNRI, juga dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Camat Rumbai Pesisir, Lurah Meranti Pandak, Ketua Rukun Tetangga (RW), Ketua Rukun Warga (RW), serta tokoh-tokoh masyarakat.(rls/ron)

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]