Umri Taja Expo 2018

Taswin: Saya Yakin Nama Umri akan Melekat dalam Benak Guru dan Siswa

Wakil Rektor I Umri DR Taswin Yacob saat menyampaikan sambutan, Sabtu (24/03/2018).
Pekanbaru (riaudaily.com) -  Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) menggelar Expo 2018. Kegiatan yang berlangsung hingga 28 Maret 2018 mendatang tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I Umri DR Taswin Yacob, Sabtu (24/03/2018).  
 
Taswin dalam sambutannya menjelaskan, Umri Expo 2018 ini mengusung tema Bersama Membangun Karakter Anak Jati Riau. Kegiatan ini adalah upaya Umri untuk ikut serta membangun karakter anak jati bangsa. Karena itu, salah satu kegiatan Umri adalah membantu calon mahasiswa mengenal lebih dekat dengan Umri.
 
"Saya yakin, dengan kegiatan ini nama Umri akan melekat dalam benak guru dan siswa. Dan saya juga meyakinkan bahwa Umri sudah berkembang menjadi universitas besar di Riau. Selain sudah menorehkan banyak prestasi, Umri juga sudah terakreditasi B sebagaimana perguruan tinggi lainnya di Provinsi Riau yang usia berdirinya jauh lebih tua," terang Taswin.
 
Ditambahkannya, Umri adalah perguruan tinggi milik umat Islam. Berbeda dengan sejumlah kampus lainnya yang ada dibawah yayasan yang dimiliki orang perorang. Sebagaimana persyarikatan Muhammadiyah, Umri juga ikut menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar. Baik di bidang pendidikan dan kesehatan.
 
Tahun ini, terang Taswin, Umri menargetkan menerima 2.500 orang mahasiswa baru. Diharapkan, dalam beberapa tahun kedepan, jumlah yang diterima bisa mencapai puluhan ribu.
 
Sementara Ketua Panitia, Sri Fitria menjelaskan bahwa Umri Expo diselenggarakan untuk mewujudkan siswa berkarakter, berprestasi dan memiliki jiwa kompetitif. Karena itu, dalam Umri Expo, ada beberapa lomba yang ditaja.
 
Lomba yang dilakukan di antaranya, lomba debat hukum soal LGBT yang diikuti 10 tim. Lalu lomba cerdas cermat soal perbankan syariah dan cerdas cermat tentang al Islam kemuhammadiyahan.
 
“Ada juga lomba pantun, lomba foto, lomba poster, lomba karya tulis tepat guna, lomba desain web, lomba story telling, lomba teknologi tepat guna, lomba master of ceremony, dan lain-lain,” ungkapnya. Semua lomba bisa diikuti secara gratis tanpa harus keluar biaya apapun.
 
Disamping itu digelar juga workshop dan seminar yang mengangkat soal teknologi di era revolusi industri 4.0. Lalu ada seminar ekperimen Fisika sederhana yang diikuti guru-guru Fisika dari sejumlah daerah di Riau, seminar yang diselenggarakan bersama KPK serta seminar kewirausahaan.
 
Fitri menerangkan, pada kegiatan Umri Expo ini juga digelar workshop pembuatan pupuk, workshop penyiar radio dan televisi, workshop hidroponik dan tes kesehatan gratis. Di akhir lomba, akan ditaja tes minat dan bakat untuk siswa serta bedah film Dilan dalam perspektif Islam. Harapannya dari kegiatan ini, masyarakat, sekolah dan guru serta siswa bisa mengenal Umri. Karena dengan datang ke kampus, masyarakat bisa melihat Umri lebih dekat. 
 
“Kalau sudah kenal, diharapkan ada hubungan yang erat antara Umri dengan masyarakat luas,” paparnya.(rls/ron)

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]