1.588 Warga Pekanbaru Terkena Penyakit akibat Kabut Asap

1.588 Warga Pekanbaru Terkena Penyakit akibat Kabut Asap

PEKANBARU-Dampak bencana asap yang terjadi di Kota Pekanbaru akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sudah terjadi seminggu lebih dan berdampak buruk pada kesehatan warga. Berbagai Puskemas di Pekanbaru mulai didatangi pasien korban kabut asap ini.

"Dan itu terbukti dari data yang dikumpulkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru dari setiap Puskesmas, ternyata ada 1588 warga yang terjangkit akibat masalah asap pembakaran lahan tersebut,"kata Kasi Pengamatan Penyakit dan Krisis Bencana Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, M Napiri, SKM M KL dilansir Halloriau.com, Senin (24/6/2013).

Ia juga menjelaskan 1588 itu, terjadi dari berbagai  jenis penyakit ISPA dalam bentuk, Batuk Pilek 381 orang, ISPA (Pneumonia) 555 orang, Asthma 375 orang, Iritasi Mata 172 orang dan Iritasi Kulit 105 orang.

"Jadi dengan begitu peningkatannya sudah sangat tinggi sekali dalam kurun waktu berapa minggu saja,"tuturnya.

Dengan hal seperti ini, Dinas Kesehatan Pekanbaru akan kembali mendistribusikan 3000 masker untuk seluruh masyarakat. "Meskipun sebelum ini, kita juga sudah memberikan masker terhadap warga Pekanbaru,"ungkapnya.

Napiri juga menegaskan, agar setiap instansi perkantoran yang ada di Kota Pekanbaru dan juga pihak swasta jangan melakukan kegiatan merugikan karyawan mereka, yang bersifat lebih banyak di luaran.

"Karena Dinas sudah mengeluarkan surat edaran bahwa Kota Pekanbaru kualitas udaranya sangat tidak baik. Untuk itu diharapkan dapat dipatuhi,"pintanya.(rep2)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index