BMKG Kembali Deteksi 40 Hotspot di Sumatera

BMKG Kembali Deteksi 40 Hotspot di Sumatera
Pekanbaru-Hasil pantauan satelit Terra-Aqua Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Rabu (28/9/2016) pagi, kembali mendeteksi sebanyak 40 titik hotspot di Pulau Sumtera yang tersebar di empat provinsi, yakni di Aceh lima titik, Sumatera Barat dua titik, Sumatera Utara 30 titik, dan Riau tiga titik.
 
"Di Sumatera hari ini ada 40 titik hotspot, Sumut menjadi wilayah penyumbang titik hotspot terbanyak," kata Slamet Riayadi, Kasi Data dan Informatika BMKG stasiun Pekanbaru kepada Riaupos.co.
 
Untuk titik hotspot di Provinisi Riau, kata Slamet, berada di Kota Dumai dua titik dan Kabupaten Kepulauan Meranti satu titik. Sedangkan titik hotspot yang level kepercayaannya di atas 70 persen hanya ada satu titik.
 
"Titik hotspot level confident di atas 70 persen hanya satu titik, yakni berada di Dumai," sebutnya.
 
Mengenai prakiraan cuaca, ia menjelaskan, pada umumnya di wilayah Riau cerah berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga hingga sedang yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang diprakirakan dapat terjadi di wilayah Riau bagian barat, tengah, selatan, dan pesisir timur pada sore atau malam hingga dinihari.
 
"Angin secara umum dari arah yang Barat-Utara dengan  kecepatan 05–15 knots (10–28 km/jam)," imbuh Slamet.(rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index