Sempat Nihil, Kini Titik Hotspot Kembali Muncul di Riau

 Sempat Nihil, Kini Titik Hotspot Kembali Muncul di Riau
Pekanbaru-Sempat nihil sejak beberapa hari lalu, titik hotspot (titik panas) di Bumi Lancang Kuning kembali terdeteksi. Bahkan jumlah titik hotspot tersebut yang tertinggi di Pulau Sumantara.
 
Berdasarkan pantauan Satelit Terra-Aqua Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Selasa (13/9/2016) pukul 16.00 WIB, sebanyak 27 titik hotspot terdeteksi di Riau. Titik itu tersebar di tujuh kabupaten, di antaranya Inhu sebanyak dua titik, Kampar satu titik, Kepulauan Meranti satu titik, Kuansing tiga titik, Pelalawan lima titik, Rohil 11 titik dan Rohul empat titik.
 
"Untuk titik level confidence di atas 70 persen ada 14 titik, berada di Pelalawan dua titik, Rohil tujuh titik, Rohul empat titik dan Inhu satu titik," ujar Slamet Riayadi, Kasi Data dan Informatika BMKG stasiun Pekanbaru, kemarin.
 
Secara keseluruhan di Pulau Sumatra, Ia menyebutkan ada 94 titik hotspot, berada di Bengkulu empat titik, Jambi tujuh titik, Lampung delapan titik, Sumbar 18 titik, Sumsel 25 titik, Sumut satu titik, Kep. Babel empat titik dan Riau 27 titik.
 
"Wilayah Riau kembali penyumbang titik hotspot terbanyak di Pulau Sumatra," paparnya
 
Lanjut Slamet, mengenai prakiraan umumnya cuaca di wilayah Riau cerah hingga berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang. "Diprakirakan terjadi di wilayah Riau bagian Tengah, Pesisir Timur, dan Selatan pada sore atau malam  hari." katanya.(rep05/rpc)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index